YouTube Perkenalkan Format Iklan Baru pada Fitur Shorts
JAKARTA - YouTube mengumumkan akan merilis format iklan baru pada fitur Shorts-nya dalam acara presentasi YouTube Newfront pada Senin 2 Mei. Perusahaan ini akan memperluas Shorts ke dalam kampanye video reach.
Kampanye video reach menggunakan kecerdasan buatan Google untuk meningkatkan jangkauan iklan dengan menggabungkan format iklan seperti iklan yang dapat dilewati dan iklan yang tidak dapat dilewati. Dengan pembaruan ini, pengiklan kini dapat mengunggah video vertikal selama 60 detik untuk mencapai penonton yang terlibat.
Sebelumnya, merek hanya dapat mengakses inventaris Shorts melalui kampanye Video action dan kampanye Instal Aplikasi, yang diumumkan pada Google Marketing Live 2022.
Menurut laporan resmi YouTube, Paramount+ adalah salah satu mitra awal yang menguji versi terbaru kampanye video reach. Layanan streaming ini mempromosikan film barunya, "At Midnight", melalui in-feed, in-stream, dan Shorts. Menurut YouTube, kampanye iklan terbaru Paramount+ "mendorong efisiensi yang lebih tinggi dan recall iklan yang lebih tinggi" dibandingkan dengan hanya memiliki iklan in-stream.
Saat ini, Shorts menarik 1,5 miliar penonton setiap bulan dan Shorts kini melihat 50 miliar tayangan harian.
YouTube juga mengumumkan bahwa iklan reach akan diperluas ke dalam beranda. Selain itu, perusahaan menambahkan bahwa YouTube Select, solusi penargetan untuk pengiklan untuk memilih paket konten dan terhubung lebih lanjut dengan audiens mereka, akan hadir di Shorts.
Hal ini akan memungkinkan merek untuk menampilkan iklan di samping video pendek populer dan relevan. Shorts line up untuk YouTube Select akan tersedia pada akhir tahun ini.
Baca juga:
Selain itu, YouTube memperbolehkan pengiklan untuk membuat iklan mereka menjadi iklan pertama yang dilihat oleh penonton setelah mereka mulai menggulir Shorts.
TikTok, saingan utama Shorts, memiliki alat yang serupa untuk pengiklan.
"Sejak kami meluncurkan Shorts dan kampanye video action tahun lalu, kami telah melihat banyak merek benar-benar memanfaatkan bagaimana mereka dapat menggunakan Shorts," kata Kristen O'Hara, Wakil Presiden Agency and Brand Solutions, selama presentasi Newfront, yang dikutip Techcrunch.
Dalam laporan pendapatan terbarunya, YouTube meraup 6,69 miliar dolar AS (Rp100,1 triliun) dalam pendapatan iklan, turun 2,6% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, YouTube terus fokus pada Shorts sebagai kebanggaannya. Awal tahun ini, Shorts mencapai 50 miliar tayangan harian.