Preview Perempat Final Napoli vs AC Milan: Tuan Rumah Mengkhawatirkan

JAKARTA – Napoli akan menjamu AC Milan pada leg kedua perempat final Liga Champions Eropa 2022/2023. Laga ini diprediksi lebih sengit dari leg pertama setelah Partenopei kalah di San Siro.

Leg kedua ajang tertinggi antarklub Eropa ini akan berlangsung di markas Napoli, yakni Stadion Diego Maradona, Rabu, 19 April pukul 02.00 WIB. Tuan rumah harus membalikkan ketertinggalan tipis satu gol.

Kedua raksasa Italia ini sebelumnya bertemu di Stadion Maradona pada ajang liga di bulan ini. Milan keluar sebagai pemenang dengan skor 4-0.

Kini Rossoneri hadir membawa keunggulan satu gol. Milan juga punya modal mentereng dalam lawatan mereka ke Naples.

Napoli selalu gagal untuk mengalahkan Milan dalam dua pertemuan teranyar. Oleh karena itu, defisit satu gol yang harus dikejar otomatis menjadi pekerjaan sulit buat Partenopei jika mereka ingin mencapai empat besar di Eropa.

Setelah mengalami kekalahan mengejutkan empat gol tanpa balas dari Milan di liga di awal bulan April, Stadion Maradona tidak lagi terlihat sebagai benteng yang tidak dapat ditembus.

Selain kekalahan itu, Napoli juga sebelumnya dibuat menderita oleh Lazio pada Maret lalu. Kemudian pada akhir pekan kemarin mereka juga gagal untuk mengalahkan Hellas Verona yang sedang berjuang untuk menghindari degradasi.

Ditahan imbang tanpa gol di kandang sendiri oleh The Scaligeri adalah satu-satunya catatan positif bagi anak asuh Luciano Spalletti di beberapa laga kandang terakhir yang mereka mainkan.

Meski demikian, Napoli merupakan pencetak gol terbanyak di Liga Champion Eropa musim ini. Bahkan, mereka tak terkalahkan dalam 12 pertandingan kandang terakhir mereka di kompetisi klub papan atas Eropa.

Dari jumlah itu, mereka tercatat memenangkan masing-masing dari empat pertandingan mereka di Maradona musim ini dan mencetak setidaknya tiga gol dalam setiap kesempatan.

Dengan modal itu, bukan tidak mungkin jika mereka bisa membuat sulit tim tamu mereka dini hari nanti. Apalagi mencapai semifinal Liga Champions akan menjadi sebuah pencapaian baru raksasa Italia itu.

Namun, Rossoneri telah meraih poin maksimal dari tiga kunjungan liga terakhir mereka ke Naples. Jadi, mereka tentu dalam kepercayaan diri tinggi saat menuju markas tim bagian selatan Italia tersebut.

Milan sebelumnya berhasil lolos sebanyak 38 kali dari 44 pertandingan Eropa setelah memenangkan leg pertama di kandang sendir. Jadi, sejarah tentu saja berpihak pada mereka saat mereka berusaha untuk mengamankan peluang ke babak empat besar.

Prediksi Susunan Pemain

Napoli (4-3-3): Meret; Di Lorenzo, Rrahmani, Jesus, Rui; Ndombele, Lobotka, Zielinski; Lozano, Osimhen, Kvaratskhelia

AC Milan (4-2-3-1): Maignan; Calabria, Kjaer, Tomori, Hernandez; Krunic, Tonali; Diaz, Bennacer, Leao; Giroud