Preview Perempat Final Liga Champions AC Milan vs Napoli: Partenopei Diuji Taji Eropa Milik Rossoneri
Napoli akan berhadapan dengan AC Milan di babak perempat final Liga Champions. (Foto: Twitter/@en_sscnapoli)

Bagikan:

JAKARTA – Bentrok sesama wakil Italia mewarnai babak perempat final Liga Champions 2022/2023. AC Milan akan melawan wakil Serie A lainnya, Napoli.

Milan yang merupakan juara kompetisi ini sebanyak tujuh kali itu, akan menjamu Partenopei di Stadion San Siro, Milan, Italia, Kamis, 13 April 2023, pada leg pertama. Kick off atau sepak mula pertandingan ini dimulai pada pukul 02.00 WIB.

Kedua tim jelas tidak asing satu sama lain di pentas domestik kompetisi Serie A Italia. Namun, bentrok dini hari nanti merupakan yang pertama di antara keduanya pada ajang paling elit antarklub Eropa ini.

Milan berhasil melaju ke perempat final Liga Champion untuk pertama kalinya sejak tahun 2012. Mereka terakhir kali mencapai semifinal sekitar lima tahun sebelumnya ketika akhirnya mereka mengangkat trofi di ajang ini untuk ketujuh kalinya.

Di sisi lain, bagi Napoli ini adalah perempat final perdana di Liga Champions Eropa dalam sejarah mereka. Untuk itu, sekalipun gemilang di domestik, taji Eropa mereka tidak bisa dibandingkan dengan Milan.

Di pentas Serie A Italia, Napoli masih memimpin di puncak klasemen dengan selisih 22 poin dari Milan yang mengisi tempat paling belakang di empat besar. Namun, baru-baru ini mereka ditekuk Rossoneri dengan skor telak 0-4.

Dengan demikian, tuan rumah Milan jelas akan berusaha meniru kemenangan empat gol mereka di Naples tersebut. Sementara itu, tim tamu yang semakin dekat dengan Scudetto, akan berupaya melanjutkan performa gemilang di Eropa.

Meskipun mendapat pukulan psikologis akibat jurang 22 poin yang memisahkan mereka dengan Napoli, Milan terbukti sangat sulit dikalahkan di pentas-pentas penting Eropa.

Selain taji Eropa, Rossoneri juga selalu mencatatkan clean sheet dalam empat laga terakhir mereka di Liga Champions. Catatan lain adalah mereka hanya kalah satu kali dari sembilan duel sebelumnya dengan sesama wakil Italia di kompetisi kontinental.

Namun, Milan hanya memenangkan tiga dari 16 partai terakhir mereka di fase gugur Liga Champion dan gagal mencetak gol dalam 10 laga. Adapun Napoli selalu menang dalam tiga tandang terakhir mereka ke San Siro, termasuk kemenangan liga 2-1 di awal musim ini.

Prediksi susunan pemain:

AC Milan (4-3-2-1): Maignan; Calabria, Tomori, Kjaer, Hernandez; Tonali, Krunic, Bennacer; Diaz, Leao; Giroud

Napoli (4-3-3): Meret; Di Lorenzo, Kim, Rrahmani, Rui; Anguissa, Lobotka, Zielinski; Lozano, Raspadori, Kvaratskhelia