Sudjiwo Tejo Nikmati Adegan Baca Mantra dan Ritual di Mangkujiwo 2

JAKARTA - Sudjiwo Tejo menjadi pemeran utama dalam film terbaru produksi MVP Pictures, Mangkujiwo 2. Ia berperan sebagai Brotoseno, sosok ambisius yang menjadi pusat atas seluruh konflik yang ada dalam cerita Mangkujiwo.

Pria yang akrab dipanggil Mbah Jiwo itu melakukan adegan di mana ia harus membaca sebuah mantra untuk membangkitkan kuntilanak. Menurutnya, hal tersebut adalah adegan yang paling ia nikmati.

“Yang paling asik itu bagian-bagian mantra, itu aku suka. Karena itu dunia aku banget. Bagian-bagian mantra dan bagian ritual aku suka,” kata Sudjiwo Tejo saat ditemui di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Untuk adegan tersebut, Mbah Jiwo mengaku tidak melakukan riset atau persiapan khusus. Dengan sebuah analogi, ia menjelaskan bahwa mantra dan ritual adalah dunia yang ia hadapi sejak kecil. Terlebih, ia dan juga bapaknya merupakan seorang dalang.

“Kalau kamu orang salon, kalau kamu diperanin jadi orang salon, apa kamu perlu riset?” katanya.

“Dunia mantra, dunia itu boleh dikatakan duniaku sehari-hari sebagai seorang dalang. Di zaman bapakku jadi dalang, kalau kamu mendalang di suatu tempat dan ada yang kecurian dalam radius 500m, dan besoknya malingnya gak ketemu, kamu harus berhenti jadi dalang. Kamu gak dipercaya, dalang harus tau itu,” sambungnya.

Ia mengaku hingga saat ini masih menjalani nilai-nilai yang diyakini oleh seorang dalang. “Kalau dalam radius 500 m kamu mendalang itu ada bayi lahir itu secara spiritual itu anakmu. Kamu yang harus kasih nama. Itu masih ada di duniaku,” ujarnya.

Namun, karena mantra yang ia ucapkan dalam film diucapkan secara improvisasi tanpa panduan skrip, Sudjiwo Tejo mengaku mengalami hal yang tak terduga. Ketika sutradara memintanya untuk mengulang adegan membaca mantra, Sudjiwo tidak bisa memenuhi permintaan sutradara karena ia sendiri lupa dengan mantra yang ia ucapkan.

Masih menceritakan tentang sekte Mangkujiwo yang semakin memperlihatkan kekuasaannya. Mangkujiwo menceritakan kisah Brotoseno (Sudjiwo Tejo) dan ambisinya setelah Pengilon Kembar telah dipersatukan. Pada film Mangkujiwo 2020, sosok Uma (Yasamin Jasem) adalah karakter penting dalam perjalanan Brotoseno mengendalikan dan menjinakan Kuntilanak.

Pada Mangkujiwo 2 ini, Uma yang tak lagi remaja mulai mengenal cinta pada sosok Rimba (Marthino Lio). Rimba sangat peduli pada Uma dan menunjukan rasa cinta pedulinya tersebut dengan menjadi karakter yang sangat protektif pada Uma. Sayangnya, rasa peduli Rimba tersebut justru membongkar rahasia Mangkujiwo.

Disutradarai Azhar Kinoi Lubis, film ini masih mempertahankan cerita dari sekuel sebelumnya. Aktor-aktor yang sebelumnya sudah ada, seperti Sudjiwo Tejo, Yasamin Jasem, Karina Suwandi dan Djenar Maesa Ayu kembali dihadirkan. Namun, terdapat karakter baru yang dimainkan Marthino Lio yang didapuk menjadi pemeran utama dalam sekuel kedua ini.

Film Mangkujiwo 2 akan tayang di bioskop Indonesia mulai 26 Januari 2023.