Masa Depan Kendaraan Otonom di AS Makin Suram, Aturan dan Teknologi Belum Mendukung

JAKARTA - Pembuat mobil dan perusahaan teknologi saat ini menghadapi jalan bergelombang untuk membersihkan hambatan peraturan untuk menyebarkan kendaraan otonom (AV) tanpa kontrol manusia di jalan umum.

Pada Rabu, 26 Oktober, Ford Motor Co  dan Volkswagen AG mengatakan mereka akan menutup startup self-driving Argo AI, dengan mengatakan bahwa teknologinya masih jauh. Hal yang sama juga berlaku dalam hal aturan seputar teknologi.

Legislasi di Kongres juga telah terhenti selama lebih dari lima tahun tentang bagaimana mengubah peraturan untuk mencakup mobil self-driving, termasuk ruang lingkup perlindungan konsumen dan hukum.

Regulator A.S. juga tidak memberikan indikasi kapan mereka akan bertindak berdasarkan petisi untuk menyetujui beberapa ribu mobil self-driving di jalan A.S. tanpa roda kemudi atau pedal rem. Pejabat Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) pada Kamis, 27 Oktober menolak mengatakan kapan mereka akan bertindak.

Menteri Transportasi A.S., Pete Buttigieg, mengatakan bulan ini dia memiliki "harapan yang sangat tinggi untuk kemungkinan teoretis bahwa mobil self-driving dan mobil berteknologi tinggi akan menyelamatkan ribuan dan ribuan nyawa karena manusia pada dasarnya memiliki rekam jejak yang mematikan sebagai pengemudi mobil. “Tapi kita belum sampai," ujar Buttigieg, dikutip Reuters.

Beberapa pihak di industri  itu dan di Washington juga melihat pengembangan teknologi kendaraan self-driving sebagai masalah kompetitif.

Banyak anggota parlemen dan industri telah mendesak Buttigieg untuk mengembangkan kerangka federal yang komprehensif untuk kendaraan otonom, memperingatkan Amerika Serikat bisa kalah dalam perlombaan AV ke China.

“Kami tertinggal dalam membentuk kerangka peraturan yang akan mendorong inovasi ini sekaligus melindungi dan mendorong semua manfaat penting yang kami yakini dapat diberikan oleh kendaraan otonom,” tulis selusin senator Demokrat AS pada April lalu.

Surat itu mengutip upaya pesaing, khususnya China, yang "telah berinvestasi secara signifikan dalam teknologi kendaraan otonom dan terhubung."

Masalah ini telah menjadi urgensi baru karena kematian akibat lalu lintas di AS telah melonjak sejak awal pandemi COVID-19. Bahkan tahun lalu melonjak 10,5% menjadi 42.915. Itu menandai jumlah tertinggi yang warga AS yang terbunuh dalam setahun sejak 2005.

Para pendukung proyek self-driving, mengatakan kendaraan otonom memiliki potensi untuk mengurangi kematian lalu lintas, memperluas akses mobilitas bagi penyandang cacat, mengurangi kebutuhan parkir di kota-kota padat dan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Pada Juli lalu, NHTSA, bagian dari Departemen Transportasi AS, membuka petisi komentar yang diajukan oleh General Motors dan Ford yang meminta badan pengatur untuk memberikan pengecualian untuk menyebarkan hingga 2.500 kendaraan self-driving tanpa kontrol manusia seperti roda kemudi dan pedal rem setiap tahun per produsen. Tidak ada produsen mobil yang meminta persetujuan untuk menjual kendaraan self-driving kepada konsumen.

GM ingin menggunakan Origin, kendaraan dengan pintu seperti kereta bawah tanah dan tanpa roda kemudi. GM mengatakan kendaraan ini akan meminta penumpang untuk memasang sabuk pengaman sebelum memulai perjalanan otonom mereka.

Tapi pembuat asal mobil Detroit menghadapi perlawanan. Menyusul petisi GM serta kecelakaan bulan Juni yang melibatkan kendaraan otonom, Kota dan Kabupaten San Francisco mengatakan dalam komentarnya GM dan Cruise gagal memberikan data yang memadai dan gagal mendokumentasikan atau menganalisis kinerja keselamatan dalam mengemudi kendaraan otonom.

Cruise mengatakan "mayoritas besar komentar publik yang disampaikan di Cruise Origin adalah positif, menggarisbawahi manfaat keberlanjutan dan aksesibilitas kendaraan dan dukungan untuk pekerjaan Amerika."

Pada tahun 2017, Dewan Perwakilan Rakyat AS mengesahkan undang-undang untuk mempercepat adopsi mobil self-driving dan melarang menetapkan standar kinerja, tetapi RUU itu tidak pernah lolos dari Senat AS.

"Kami bekerja keras untuk menemukan landasan bersama untuk mendapatkan sesuatu yang dapat kami lewati," kata Perwakilan Demokrat asal Michigan, Debbie Dingell, kepada Reuters pada bulan Juli.

Prospek di Kongres baru yang dimulai pada Januari nanti sangat tidak pasti dan undang-undang tersebut menghadapi perlawanan keras dari serikat pekerja dan kelompok yang mewakili pengacara penggugat.

Sementara undang-undang belum disahkan, NHTSA dalam beberapa bulan terakhir telah meningkatkan pengawasan terhadap sistem bantuan pengemudi canggih dan sistem kendaraan otonom. Tahun lalu agensi mengarahkan semua pembuat mobil dan perusahaan teknologi untuk segera melaporkan kecelakaan yang melibatkan kendaraan self-driving.