Tim Putra Indonesia Menang Dramatis 3-2 Atas Korea Selatan di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022

JAKARTA — Tim putra Indonesia berhasil menang dramatis atas Korea Selatan di pertandingan kedua penyisihan Grup A Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022. 

Skuad Merah Putih mengalahkan Negeri Ginseng dengan skor tipis 3-2 di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, pada Kamis, 17 Februari. Ini menjadi kemenangan kedua bagi Chico Aura Dwi Wardoyo dan rekan-rekan setelah di laga pertama menekuk Hong Kong 4-1.

Chico yang turun pada laga pertama harus bermain selama 66 menit untuk memberikan angka pertama bagi Indonesia. Pebulu tangkis yang menduduki peringkat ke-55 dunia tersebut sukses mengalahkan Jeon Hyeok Jin dalam duel sengit tiga set 21-18, 15-21, dan 21-19.

Indonesia kemudian kehilangan dua poin beruntun setelah itu. Ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang turun di partai kedua menyerah di tangan Jin Yong/Na Sung Seung dua set langsung 10-21, 19-21.

Tunggal putra Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay juga kalah dua set langsung. Ia bermain sepanjang 41 menit dan harus mengakui keunggulan Kim Joo Wan dengan skor 18-21, 14-21.

Pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin kemudian menyamakan skor menjadi 2-2 di pertandingan keempat. Pemilik medali emas Kejuaraan Dunia Junior 2019 tersebut menang mudah 21-13, 21-13 atas pasangan Noh Jin Seong/Yoon Dae Il.

Laga dramatis kemudian terjadi pada partai penentuan. Christian Adinata yang turun pada pertandingan kelima langsung kehilangan empat angka beruntun dan tertinggal 3-11 pada interval set pertama melawan Jeong Min Sun. 

Ia juga sempat kembali tertinggal setelah berhasil menyamakan skor 14-14, sebelum pelan-pelan bangkit dan memenangi set pertama dengan skor tipis 21-19.

Laga rubber game harus dimainkan Christian setelah ia kalah pada set kedua. Tercatat ia hanya memberikan perlawanan ketat pada delapan poin pertama, setelah itu ia terus tertinggal dan menyerah dengan skor selisih sepuluh poin.

Di set terakhir, Christian tampil jauh lebih baik dan berhasil memimpin 11-8 pada jeda. Keunggulan tersebut berhasil dipertahankan hingga menutup laga dengan kemenangan 21-17.

Indonesia akan menghadapi India pada pertandingan terakhir pada Jumat, 18 Februari besok. India sendiri baru mendapat kemenangan tipis 3-2 atas Hong Kong pada pertandingan hari ini setelah di laga pertama kalah telak 5-0 dari Korea.