Bagikan:

JAKARTA — Pebulu tangkis tunggal putri Stephanie Widjaja berhasil menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Korea Selatan di laga terakhir Grup Z Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022.

Stephanie yang turun pada partai terakhir berhasil mengalahkan Kim Joo Eun dengan skor 21-11, 21-13 dalam durasi 34 menit di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, pada Kamis, 17 Februari. 

Hasil tersebut membuat Indonesia pun memastikan kemenangan 3-2 atas Korea. Dengan demikian, tim Merah Putih berhak lolos dengan status juara grup ke babak semifinal, sedangkan Korea sebagai runner-up.

Poin pertama untuk Indonesia di partai ini diberikan oleh tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung. Ia hanya membutuhkan waktu 26 menit untuk menang 21-6, 21-18 atas Sim Yujin.

Korea mampu bangkit setelah itu dan unggul 2-1 atas Indonesia. Ini setelah kekalahan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dan tunggal putri Putri Kusuma Wardani.

Febri/Amalia kalah dramatis dari pasangan Baek Ha Na/Seong Seung Yeon dengan skor ketat 20-22 dan 19-21. Sementara itu, Putri Kusuma Wardani harus mengakui lawannya Lee Se Yeon 16-21, 19-21.

Indonesia kemudian berhasil mengidentikan skor pada laga keempat. Pasangan Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah mengalahkan Kim Min Ji/Lee Seo Jin 21-16, 22-20.

Sementara itu, Stephanie yang turun pada partai penentu berhasil tampil dominan sepanjang pertandingan. 

Ia hanya kesulitan pada awal-awal set pertama dan kedua, tetapi berhasil mempertahankan keunggulan saat memimpin hingga mengunci kemenangan bagi Indonesia.

Sebelumnya tim putra juga berhasil meraih kemenangan dramatis atas Korea Selatan dengan skor identik 3-2. Chico Aura Dwi Wardoyo dan kawan-kawan masih menghadapi satu pertandingan besok melawan India.