Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis putra Indonesia sukses mengalahkan Hong Kong di pertandingan pertama Grup A Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2022.

Kemenangan itu ditentukan setelah ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menang atas Ho Wai Lun/Yeung Ming Nok pada laga keempat di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia, Selasa, 15 Februari

Angka pertama untuk Merah Putih disumbang oleh tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo. Pebulu tangkis peringkat ke-55 dunia tersebut butuh waktu selama 58 menit untuk mengalahkan Lee Cheuk Yiu.

Sayang, Indonesia gagal menjauh pada partai kedua yang dimainkan oleh ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. Pasangan ini menyerah 12-21, 21-18, 20-22 dari Law Cheuk Him/Lee Chun Hei Reginald.

Pertandingan ketiga untuk Indonesia yang dijalani tunggal putra Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay jauh lebih dramatis. Wakil Garuda kehilangan set pertama sebelum mencuri dua set berikutnya untuk menang 16-21, 22-20, 21-17 dalam durasi waktu 67 menit.

Di partai keempat, Leo/Daniel yang berstatus ganda putra peraih gelar juara di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis Junior 2019 di Rusia, berhasil menjadi penentu kemenangan Indonesia usai menghentikan lawan mereka dua set 22-20, 21-16 yang memakan waktu 32 menit.

Christian Adinata yang turun pada pertandingan terakhir pun berhasil menambah poin untuk Indonesia. Ia tampil impresif sepanjang 38 menit untuk menundukkan Jason Gunawan dengan skor 21-15 dan 21-14.

Selanjutnya Leo Rolly Carnando dan kawan-kawan akan bertemu dengan Korea Selatan pada Kamis, 17 Februari nanti.

Sebelumnya, tim putri Indonesia sudah lebih dulu mengamankan kemenangan atas tim putri Hong Kong. Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan juga membawa pulang hasil dengan skor 4-1 atas tim lawan.

Tim putra datang dengan status juara bertahan di sektor putra turnamen yang menjadi kualifikasi menuju Piala Thomas dan Uber ini. Tidak cuma sekedar juara bertahan, tim putra Indonesia juga merupakan jawara di tiga edisi terakhir.

Pada edisi 2020 lalu, tim putra Indonesia keluar sebagai juara setelah mengalahkan Malaysia. Tim Merah Putih menang dengan skor telak 3-1, dalam pertandingan pamungkas yang berlangsung di Rizal Memorial Coliseum, Filipina.