Masuki Era Metaverse, Nike Ciptakan NIKELAND di Roblox

JAKARTA - Nike Inc pada Kamis, 18 Oktober  mengungkapkan dunia virtual yang meniru model markasnya di platform video game Roblox Corp, menjadi salah satu merek besar pertama yang memasuki "metaverse".

Ruang digital, yang disebut "NIKELAND", memungkinkan pemain untuk melengkapi avatar mereka dengan produk Nike khusus dan gratis untuk dikunjungi siapa saja di Roblox.

Pengunjung saat ini dapat memainkan "Tag", "The Floor Is Lava" dan "Dodgeball" di platform, yang juga memungkinkan pencipta merancang mini-game mereka sendiri dari materi olahraga interaktif.

Metaverse, kata kunci di industri teknologi setelah Facebook berganti nama menjadi Meta Platform Inc, adalah dunia virtual bersama di mana orang-orang dalam bentuk avatar dapat berinteraksi dengan orang lain, menikmati konser, dan berbelanja secara digital.

Pasar metaverse global diperkirakan akan mencapai 6,16 miliar dolar AS (Rp 87 triliun) pada tahun 2021 dan 41,62 miliar dolar (Rp 591 triliun)pada tahun 2026, menurut perusahaan riset Strategy Analytics.

"Nike menciptakan dunia yang dipesan lebih dahulu ini dengan latar belakang kantor pusat dunianya dan di dalam ruang 3D Roblox yang imersif, membangun tujuannya untuk mengubah olahraga dan bermain menjadi gaya hidup," kata pembuat pakaian olahraga itu.

Di NIKELAND, pengunjung dapat menggunakan akselerometer di perangkat seluler mereka untuk mentransfer gerakan offline ke permainan online, yang memungkinkan gerakan kehidupan nyata di ruang digital.