Pengiriman Barang Lewat Drone Makin Marak di AS, Wing Mulai Layani Pelanggan Walgreens
Layanan via Drone, milik Wing, layani pengiriman barang dari Walgreens. (foto: google)

Bagikan:

JAKARTA – Wing, anak perusahaan Alphabet Inc mengatakan pada Rabu, 20 Oktober bahwa Walgreens akan menggunakan drone baru dari layanan mereka untuk melakukan pengiriman dari sebuah toko di Texas, dalam penggunaan pertama wahana tersebut di area metro utama AS.

Wing mengatakan akan meluncurkan upaya tersebut di toko Walgreens di area Dallas-Fort Worth di tempat parkirnya, yang melayani sebagian kota Frisco dan kota Little Elm. Sebelum ini, proyek pengiriman drone telah dilakukan di kota-kota kecil di AS.

"Pesawat akan tiba dalam kontainer kecil yang berfungsi sebagai hanggar kecil, memungkinkan setiap toko dengan cepat dan mudah mengerahkan armada kecil khusus dari tempat parkirnya, di atapnya, atau di ruang kecil yang berdekatan dengan gedung," kata Wing.

Wing mengatakan karyawan Walgreens sendiri yang akan memproses dan memuat paket ke drone pengiriman, bukan karyawan Wing.

Wing mengatakan bahwa sejak Juni telah melakukan penerbangan uji di fasilitas pengujian drone di Fort Worth dan dalam beberapa bulan mendatang mengharapkan untuk meluncurkan layanan komersial di sana yang katanya akan "menjadi yang pertama dari jenisnya di area metro utama AS".

Perusahaan telah berlomba untuk membuat armada drone untuk mempercepat pengiriman dan meluncurkan proyek percontohan baru - seperti United Parcel Service (UPS) yang mengirimkan resep atau Walmart yang mengirimkan bahan makanan.

Amerika Serikat memiliki lebih dari 1,7 juta pendaftaran drone dan 249.000 pilot jarak jauh bersertifikat FAA.

Pada bulan April, aturan akhir Administrasi Penerbangan Federal mulai berlaku yang memungkinkan drone kecil terbang di atas orang dan pada malam hari, sebuah langkah signifikan menuju penggunaan akhirnya untuk pengiriman komersial yang luas.