Setelah Investigasi Google dan Facebook, Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris Kini Bidik Spotify dan Apple Music
Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris telah mengambil peran yang semakin proaktif dalam regulasi pasar digital. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Regulator kompetisi Inggris berencana untuk meluncurkan penyelidikan streaming musik untuk melihat apakah sektor yang didominasi oleh platform seperti Spotify   dan Apple  bekerja untuk konsumen.

Pengumuman pengawas pada  Selasa 19 Oktober mengikuti laporan dari komite parlemen Inggris tahun ini yang memperingatkan bahwa hubungan antara jurusan musik dan platform streaming dapat menghambat inovasi di sektor ini.

Otoritas Persaingan dan Pasar Inggris telah mengambil peran yang semakin proaktif dalam regulasi pasar digital, dan investigasi telah diluncurkan ke  Google, Facebook, dan Apple di berbagai bagian ekosistem.

Kini mereka akan mengalihkan perhatiannya ke streaming musik yang, di Inggris, menyumbang 80% dari konsumsi musik dan didominasi oleh orang-orang seperti Spotify, Apple Music, Amazon  dan Alphabet Inc- milik YouTube.

"Inggris memiliki hubungan cinta dengan musik dan merupakan rumah bagi banyak artis paling populer di dunia," kata Kepala Eksekutif CMA Andrea Coscelli. "Kami ingin melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan bahwa sektor ini kompetitif, berkembang dan bekerja untuk kepentingan pecinta musik."

Setelah dihantam oleh pembajakan pada akhir 1990-an, industri musik bergerak menuju model streaming yang didukung oleh iklan atau langganan sebagai cara untuk mengamankan pendapatan yang lebih berkelanjutan untuk sektor ini.

Angka resmi menunjukkan bahwa pasar musik rekaman global naik 7,4% pada tahun 2020 menjadi 21,6 miliar dolar AS, dengan lonjakan permintaan untuk layanan streaming berbayar.

Sebuah laporan Inggris di sektor ini menunjukkan bahwa ada total 139 miliar streaming audio pada tahun 2020. Meskipun ada pertumbuhan, para artis telah lama mengeluh bahwa mereka tidak mendapatkan bagian yang adil dari platform streaming.

Laporan parlemen Inggris juga mencatat bahwa tiga perusahaan musik besar, Universal, Sony  dan Warner, juga mencakup hingga 75% dari pasar rekaman Inggris dan memiliki hubungan dekat dengan platform streaming, mendorong mereka untuk mempertanyakan persaingan di sektor ini.

Sebuah studi pasar digunakan untuk memeriksa suatu sektor dan memutuskan apakah intervensi diperlukan. Hasil dapat mencakup meminta pemerintah untuk mengubah peraturan, mendorong bisnis untuk mengatur diri sendiri, mengambil tindakan terhadap perusahaan, dan penyelidikan menyeluruh dan mendalam.