Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di Aplikasi PeduliLindungi, Begini Cara Mengatasinya
Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di Aplikasi PeduliLindungi (Covid19.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi PeduliLindungi saat ini menjadi layanan paling penting bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, aplikasi tersebut menyimpan data vaksinasi masyarakat Indonesia, termasuk sertifikat vaksin.

Oleh karenanya, semua masyarakat Indonesia membutuhkan aplikasi PeduliLindungi supaya dapat bepergian ke tempat-tempat publik seperti supermarket, mall, bandara, dan tempat publik lainnya yang mengizinkan masyarakat yang sudah divaksin untuk masuk.

Jika Anda sudah divaksin tetapi sertifikat vaksin tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi akan menimbulkan masalah bagi Anda. Pasalnya, Anda tetap tidak dapat melakukan aktivitas secara normal meskipun sudah melakukan vaksinasi.

Namun, Anda sebenarnya bisa mengatasi masalah tersebut tanpa harus datang ke petugas kesehatan atau instansi lainnya untuk memperbaiki masalah yang ada di aplikasi PeduliLindungi Anda.

Pengguna hanya perlu memperbarui data vaksinasi yang ada di dalam aplikasi supaya sertifikat vaksin dapat muncul dan bisa digunakan untuk pergi ke tempat-tempat publik.

Jika Anda belum tahu cara melakukannya, tim VOI telah merangkum langkah-langkah yang perlu Anda lakukan supaya sertifikat vaksin di aplikasi PeduliLindungi Anda dapat muncul.

Cara Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi

Cara untuk membuat sertifikat vaksin Anda muncul di aplikasi PeduliLindungi adalah mengisi 5 parameter. Biasanya, masalah yang sering membuat sertifikat vaksin tidak muncul karena Anda belum mengisi data secara lengkap.

Adapun parameter yang harus diisi oleh pengguna supaya sertifikat vaksin muncul di aplikasi PeduliLindungi adalah mengisi nama lengkap dan tempat lahir sesuai KTP.

Kemudian mengisi nomor induk kependudukan (NIK) sesuai KTP, dan mengisi tanggal melakukan vaksinasi dan jenis vaksin yang digunakan. Pengguna dapat melihat jenis vaksin yang digunakan lewat kartu vaksin yang diberikan oleh petugas.

Parameter di atas terdapat dalam kartu vaksinasi yang diisi saat melakukan vaksinasi. Pengisian data tersebut dilakukan sebelum Anda melakukan vaksinasi tahap pertama dan kedua.

Dengan mengisi data-data di atas secara lengkap, maka sertifikat vaksin dapat segera muncul di aplikasi, sehingga dapat digunakan untuk melakukan mobilitas sehari-hari oleh masyarakat.

Jika Anda sudah mengisi 5 parameter di atas dengan lengkap tetapi sertifikat Anda tetap belum muncul, periksa kembali data yang sudah Anda isi. Jika tidak ada kesalahan maka sertifikat akan muncul.

Namun, apabila semua langkah di atas sudah dilakukan tetapi, sertifikat vaksin tetap tidak muncul Anda dapat mengunjungi website PeduliLindungi. Pengguna dapat menanyakan di pusat bantuan apakah terjadi kesalahan input data yang dilakukan petugas saat vaksinasi dan memperbaikinya.