Cek Sertifikat Vaksin Saat Aplikasi PeduliLindungi Error dengan Cara Ini
Cek Sertifikat Vaksin Saat Aplikasi PeduliLindungi Error dengan Cara Ini (Celebrities)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sertifikat vaksin menjadi kebutuhan wajib yang harus dimiliki oleh semua orang di masa pandemi. Jika sudah melakukan vaksin Anda diizinkan untuk melakukan kegiatan di luar ruangan, seperti naik kendaraan umum, mengunjuni pusat perbelanjaan dan tempat lainnya secara aman.

Di Indonesia sertifikat vaksin dapat dilihat melalui aplikasi PeduliLindungi, yang dapat didownload di Google Play Store. Setiap kali mengunjungi ruang publik, Anda dapat melakukan QR Code melalui aplikasi PeduliLindungi. Nantinya, pengguna akan ditunjukkan status kesehatannya.

Namun, bagaimana jika aplikasi mengalami masalah atau error saat sedang akan digunakan, seperti tidak dapat login atau masalah lainnya. Hal itu jelas tidak inginkan karena dapat menghambat mobilitas yang harus Anda lakukan.

Oleh karena itu, tim VOI telah menyiapkan cara untuk melihat sertifikat vaksin ketika aplikasi PeduliLindungi error. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah mengunjungi website PeduliLindungi menggunakan peramban di smartphone Anda.

Biasanya, website pedulilindungi tetap bisa diakses di saat aplikasi PeduliLindungi mengalami masalah. Untuk melihat sertifikat vaksin melalui website pedulilindungi pun sangat mudah, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini.

Cara Cek Sertifikat Vaksin di Website Pedulilindungi

Mengunjungi website pedulilindungi merupakan salah satu alternatif yang dapat Anda pilih untuk melihat sertifikat vaksin supaya Anda diizinkan mengunjungi tempat publik.

Untuk melihat sertifikat vaksin di situs pedulilindungi pun sangat mudah. Pengguna dapat membuka aplikassi peramban yang ada smartphone, seperti Chrome untuk mengaksesnya.

Selanjutnya, tulis "pedulilindungi" di mesin pencarian, atau langsung kunjungi pedulilindungi.id. Setelah masuk ke halaman website, Anda akan diminta untuk memasukkan nama lengkap dan NIK KTP atau kartu pengenal lainnya.

Setelah memasukkan nama lengkap dan NIK, klik tombol periksa untuk melihat status vaksinasi Anda. Jika sudah melakukan vaksinasi, maka sertifikat vaksin Anda akan muncul dan bisa dijadikan bukti sudah melakukan vaksinasi.

Melihat sertifikat vaksin melalui situs website pedulilindungi dapat dilakukan apabila aplikasi PeduliLindungi sedang error. Namun, apabila masalah aplikasi tersebut tidak dapat diakses karena server down atau masalah server lainnya, maka hal tersebut tidak dapat dilakukan.

Oleh karenanya, untuk berjaga-jaga pengguna disarankan untuk melakukan screen shoot atau tangkapan layar sertifikat vaksin Anda saat aplikasi PeduliLindungi dapat diakses. Hal itu bertujuan untuk berjaga-jaga apabila aplikasi dan situs pedulilindungi tidak dapat diakses.

Selain itu, Anda juga dapat mencetak sertifikat vaksin menjadi kartu fisik. Meskipun pemerintah melarang masyarakat mencetak sertifikat vaksin, tetapi larangan tersebut berlaku apabila menggunakan jasa pihak ketiga.

Oleh karenanya, jika Anda mencetak sertifikat vaksin Anda sendiri, hal tersebut tidak dilarang.