Kirim File Ukuran Besar di WhatsApp dengan Mudah Menggunakan WhatsTools
Cara mengirim file berukuran besar di WhatsApp (Hindustan Times)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Mengirim file menggunakan smartphone menjadi salah satu hal yang biasa dilakukan oleh semua orang saat ini. Mulai dari file berbentuk dokumen yang berukuran kecil hingga file yang berukuran besar.

Bahkan, sejumlah pengguna WhatsApp juga memanfaatkan aplikasi pesan instan tersebut untuk mengirimkan file dokumen untuk kebutuhan pekerjaan atau tugas kuliah. Hal itu dilakukan karena lebih praktis daripada harus menggunakan email, atau menindahkannya menggunakan flas disk.

Akan tetapi, saat menggunakan WhatsApp ukuran file yang dapat Anda kirim cenderung terbatas. Pasalnya, aplikasi pesan instan tersebut memang tidak didesain untuk mengirim dan menyimpan file dengan ukuran besar.

Hal itu membuat pengguna harus menggunakan cara lain untuk mengirim file dengan ukuran besar. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada aplikasi pihak kedua yang dapat membantu Anda untuk mengirim file dengan mudah melawalui WhatsApp.

Dikutip dari Tech Untold, pengguna WhatsApp dapat mengunduh aplikasi WhatsTools agar dapat mengirim berbagai macam file dengan mudah menggunakan WhatsApp.

Untuk menggunakan aplikasi WhatsTools pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini supaya dapat mengirim file dengan mudah menggunakan WhatsApp.

Kirim File Ukuran Besar di WhatsApp menggunakan Bantuan WhatsTools

Untuk mempermudah mengirim file menggunakan WhatsApp, pengguna dapat mengunduh WhatsTools terlebih dahulu di Play Store, dan buka aplikasi tersebut di smartphone Anda.

Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman utama aplikasi tersebut, dan klik 'Get Started' yang berada di bagian bawah untuk mulai menggunakannya.

Setelah itu, Anda akan masuk ke menu baru dan klik kolom "Turn On Service", kemudian klik "Ok".

Akan muncul tampilan pengaturan aksesibilitas di layar smartphone Anda yang sedang mengakses aplikasi WhatsTools. Selanjutnya, pilih opsi 'WhatsTools Service', kemudian klik ikon kotak hingga menu "Aktif" menjadi biru.

Selanjutnya, Anda dapat menghubungkan terlebih dahulu aplikasi WhatsTools ke Google Drive, dengan pilih 'Click Here To Sign In'. Kemudian pilih akun Google Anda yang ingin disinkronkan dengan WhatsTools, dan izinkan WhatsTools untuk mengaksesnya.

Klik ikon tambah untuk mendapatkan opsi jenis dokumen yang dapat Anda gunakan, seperti "Dokumen, Foto, atau Video'. Selanjutnya, Anda dapat memilih file yang ingin Anda kirim.

Klik menu "Share" pada yang tersedia dan pilih bagikan ke "WhatsApp" untuk mengirim file menggunakan WhatsApp. Pilih kontak WhatsApp yang akan Anda kirim file tersebut, dan klik menu "Kirim".

Dengan demikian, file yang Anda pilih sudah terkirim ke kontak WhatsApp teman Anda. Pengguna pun dapat mengirim file dengan ukuran besar di WhatsApp, hingga 100 MB dengan bantuan WhatsTools.