Cara Mencari File di Aplikasi WhatsApp Menggunakan Fitur <i>Advanced Search</i>
Cara Mencari File di Aplikasi WhatsApp Menggunakan Fitur Advanced Search (Strategi.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA - WhatsApp memiliki fitur yang dapat digunakan mencari konten-konten yang pernah dikirimkan atau diterima oleh penggunanya menggunakan fitur Advanced Search.

Dengan fitur tersebut pengguna WhatsApp dapat mencari konten yang ada di chat WhatsApp Anda secara lebih terperinci sesuai dengan file yang Anda tetapkan pada mesin pencarian.

Fitur Advanced Search sendiri merupakan pengembangan dari fitur Search yang sebelumnya sudah ada di aplikasi WhatsApp. Jika fitur Search sebelumnya hanya bisa mencari chat yang berbentuk teks, fitur Advanced Search dapat mencari file-file yang sesuai dengan keyword pencarian, termasuk file dokumen dan foto.

Dikutip dari Android Authority, setidaknya ada 6 jenis file yang dapat Anda temukan menggunakan Advanced Search antara lain foto, GIF, video, dokumen, tautan atau link, dan audio.

Untuk menggunakan fitur Advanced Search di aplikasi WhatsApp, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Menggunakan Fitur Advanced Search di WhatsApp

Untuk menggunakan fitur WhatsApp Advanced Search di aplikasi ponsel Anda, pengguna dapat memilih ikon pencarian yang ada di pojok kanan atas halaman utama WhatsApp Anda.

Setelah itu, lakukan filter pencarian yang Anda inginkan. Seperti dijelaskan sebelumnya, terdapat 6 jenis file yang dapat Anda temukan dengan Advanced Search WhatsApp, yakni foto, video, link atau tautan, GIF, audio, dan dokumen.

Pengguna dapat memilih salah satu jenis file yang ingin dicari, dan mengetik kata kunci tertentu di kolom pencarian untuk mencari file tersebut di aplikasi WhatsApp Anda.

Setelah Anda mengetik kata kunci di mesin pencarian dengan melakukan filter jenis file, hasil pencarian akan menampilkan pesan yang berhubungan kata kunci tersebut dan juga file terkait yang pernah dikirimkan di aplikasi WhatsApp Anda.

Selanjutnya, pengguna dapat memilih salah satu pesan yang muncul dari hasil pencarian tersebut. Anda pun akan masuk ke halaman chat kontak yang mengirim atau Anda kirimi file tersebut.

Dengan demikian Anda dapat lebih mudah untuk mengetahui file yang pernah Anda kirim melalui pesan WhatsApp. Tidak hanya pesan teks, tetapi juga file lainnya.

Itu tadi cara yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan fitur WhatsApp Advanced Search di perangkat Anda yang bisa dipakai untuk mencari file-file tertentu yang pernah Anda kirim atau terima di WhatsApp Anda.

File tersebut dapat Anda buka kembali selama pengguna belum menghapusnya secara permanen dari aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.