Bagikan:

YOGYAKARTA - Platform media sosial Twitter mengembangkan fitur baru bernama Advenced Search. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat menemukan cuitan lawas yang pernah Anda unggah dengan lebih mudah.

Bahkan pengguna bisa mengetahui apa saja cuitan yang Anda buat di Twitter, dalam kurun waktu tertentu. Hal itu bisa Anda diketahui menggunakan fitur Advanced Search.

Tidak hanya cuitan Anda yang bisa dilihat menggunakan Advanced Search, pengguna juga bisa melihat trend di Twitter pada kurun waktu yang ingin Anda ketahui menggunakan fitur tersebut.

Seperti diketahui, Twitter merupakan media sosial yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Banyak warganet yang menggunakan platform tersebut untuk menyampaikan pendapatnya.

Bahkan, akhir-akhir ini banyak kasus hukum yang akhirnya ditanggapi oleh pihak berwajib setelah viral di Twitter. Hal tersebut menunjukkan bahwa Twitter memiliki pengaruh yang cukup besar di masyarakat.

Namun, ada kalanya pengguna melewatkan beberapa momen yang viral di Twitter, atau Anda ingin melihat kembali cuitan yang pernah Anda buat di masa lalu.

Jika Anda ingin mengetahui hal tersebut, pengguna dapat menggunakan fitur Advanced Search. Selain mengetahui hal-hal yang disebutkan di atas, Anda juga dapat melihat jumlah like, dan berapa kali sebuah cuitan di retweet oleh pengguna Twitter lain.

Cara menggunakan Advanced Search pun sangat mudah, jika Anda masih bingung melakukannya, di bawah ini tim VOI telah menyusun langka-langkah yang dapat Anda lakukan.

Cara Menggunakan Fitur Advanced Search

Fitur Advanced Search di Twitter dapat mempermudah pengguna untuk menemukan sebuah cuitan. Untuk menggunakannya Anda dapat masuk ke akun Twitter Anda melalui mesin peramban.

Selanjutnya, klik kolom pencarian yang berada di bagian bawah halaman utama Twitter Anda. Pengguna akan masuk ke halaman tren yang sedang populer di Twitter.

Setelah itu, pengguna dapat klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih menu Advanced Search yang muncul. Pada bagian berikutnya, masukkan kata kunci yang ingin Anda temukan.

Gulir ke bawah untuk memfilter hasil pencarian agar sesuai dengan keinginan Anda. Pengguna dapat meminta Twitter menampilkan hasil pencarian berdasarkan tanggal, trending, atau parameter lainnya yang ingin Anda gunakan.

Setelah itu, klik tombol Search disamping kolom pencarian yang sudah Anda isi dengan kata kunci yang ingin Anda temukan. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan hasil pencarian dengan parameter yang Anda inginkan.

Itu tadi adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menemukan cuitan di Twitter dalam kurun waktu tertentu menggunakan fitur Advanced Search. Dengan fitur tersebut Anda dapat memfilter hasil pencarian Anda dengan parameter yang Anda tentukan.