Bitcoin Kembali Melonjak Saat Muncul Kabar dari Soros, Namun McMillan Prediksi Bakal Turun lagi dalam Waktu Dekat
Harga Bitcoin cenderung naik, saat George Soros perdagangkan kripto ini. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Harga Bitcoin melonjak pada Rabu ke level tertinggi dalam lima bulan, karena sentimen pasar yang terus membaik. Sebagian karena berita bahwa dana lindung nilai yang dikendalikan oleh investor miliarder George Soros mulai memperdagangkan bitcoin.

Investor juga mengharapkan reli musiman dalam cryptocurrency kuartal ini. Cryptocurrency terbesar di dunia dalam hal nilai pasar naik menjadi 55.499,96 dolar AS, menjadi rekor tertinggi sejak pertengahan Mei. Ini melewati tanda  50.000 dolar AS untuk pertama kalinya dalam empat minggu pada Selasa, 5 Oktober di tengah, antara lain karena meningkatnya minat institusional. Kabar terbaru, Bitcoin terakhir naik 6,3% pada 54.750 dolar AS.

Menurut laporan pada Rabu 6 Oktober, manajemen Soros Fund mengkonfirmasi pada pertemuan puncak Bloomberg bahwa dana tersebut memperdagangkan bitcoin. "Kami memiliki beberapa koin - tidak banyak," kata Dawn Fitzpatrick, kepala eksekutif dana tersebut.

Ada faktor musiman juga.

"Bitcoin secara historis berkinerja baik pada bulan Oktober, yang hampir membuat kenaikan ... harga sekarang menjadi ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Saya telah mengatakan berulang kali sejak musim panas bahwa saya mengharapkan harga tertinggi baru sepanjang masa pada bulan Oktober," kata Ruud Feltkamp, CEO bot perdagangan kripto otomatis berbasis cloud Cryptohopper.

"Jadi apa alasan pompa baru ini? Saya pikir itu sebagian karena siklus pasar tempat kita berada, di mana bagian emosional memainkan peran penting," kata Feltkamp.

Bank of America Corp  menerbitkan pada Senin cakupan penelitian pertamanya yang berfokus pada cryptocurrency dan aset digital lainnya. U.S. Bancorp  mengumumkan peluncuran layanan penyimpanan cryptocurrency untuk manajer investasi institusional yang memiliki dana pribadi di Amerika Serikat dan Kepulauan Cayman.

Koin yang lebih kecil, yang biasanya bergerak sejalan dengan bitcoin, juga naik. Ether naik 2,2% menjadi 3.594 dolar AS dan XRP sedikit naik 0,2% pada 1,0865 dolar AS.

Ben McMillan, kepala investasi di IDX Digital Assets, strategi indeks kripto berbasis faktor, mencatat bahwa berdasarkan analisis data on-chain, ia melihat peningkatan yang stabil dalam jumlah alamat bitcoin baru, setelah penurunan besar-besaran off di paruh pertama tahun ini, serta peningkatan jumlah bitcoin yang keluar dari bursa.

Kedua faktor - alamat baru dan bitcoin yang menjauh dari bursa - adalah "indikasi bullish secara struktural." McMillan mengatakan sementara kasus bull struktural untuk bitcoin kuat, namun "masih ada risiko penurunan non-sepele dalam waktu dekat.".