Bagikan:

JAKARTA - Kru misi SpaceX Inspiration4, Jared Isaacman baru saja merilis gambar dan sebuah video yang berisi pemandangan Bumi yang diambil saat di luar angkasa beberapa waktu lalu.

Menariknya, gambar ini dia ambil hanya dengan menggunakan iPhone 12 miliknya, setelah sebelumnya ia membagikan video Bumi yang direkam dengan kamera DSLR Nikon.

Foto yang dibagikan oleh Isaacman ditangkap dengan smartphone-nya melalui kaca yang berada di bawah kerucut hidung pesawat ruang angkasa Crew Dragon. Pesawat ini merupakan rumah kru misi Inspiration4 selama perjalanan tiga hari mereka di orbit.

Kerucut hidung pesawat yang terlihat di sudut kanan atas gambar terbuka setelah pesawat berada di luar angkasa, ini bertujuan untuk menawarkan pemandangan panorama planet Bumi dan luar angkasa yang luar biasa kepada awak melalui kaca kubah.

Dari sana, para kru mengambil lebih dari 700 foto dan video pada jarak 357 mil (575 kilometer) di atas permukaan planet, menjadikannya gambar yang diambil dari jarak yang lebih jauh dari planet ini daripada yang dibagikan oleh astronot NASA dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

Selain foto, Isaacman juga telah menerbitkan rekaman video pendek dari perjalanan pada akhir September itu, yang juga diambil dengan iPhone 12 saat dia dan krunya melayang di atas Brasil.

“Suatu hak istimewa untuk melihat planet kita dari perspektif ini. Kita perlu menjaga planet rumah kita dengan jauh lebih baik dan juga meraih bintang-bintang," ungkap Isaacman seperti dikutip dari Digital Trends, Selasa, 5 Oktober.

Dalam beberapa minggu mendatang, para kru sepertinya akan berbagi lebih banyak gambar dan video yang diambil dengan kamera iPhone dan DSLR, menawarkan pemandangan Bumi yang lebih luar biasa kepada penduduk Bumi yang ditangkap dari sudut pandang unik yang bahkan lebih tinggi dari ISS.

Apple dikenal menawarkan beberapa teknologi kamera terbaik di industri smartphone, sehingga kualitas gambar luar biasa yang ditawarkan oleh kamera ponsel dari jarak 357 mil (575 kilometer) di atas Bumi tidak terlalu mengejutkan.

Tentu saja, Apple bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang menawarkan smartphone dengan sistem kamera yang luar biasa. Samsung di antara pesaingnya, misalnya, telah memainkan perannya dalam mendorong teknologi kamera smartphone hingga batasnya, dengan Galaxy S21 Ultra mendapatkan pujian tinggi.