Saat Grup Facebook Padam, Harga Bitcoin dan Kripto Lainnya Justru Meroket
Harga Bitcoin tiba-tiba meroket saat facebook padam. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Media sosial dan platform komunikasi utama Facebook, Instagram dan WhatsApp padam atau offline pada Senin, 4 Oktober sementara harga Bitcoin dan cryptocurrency lainnya justru melonjak.

Seperti yang ditunjukkan oleh data dari Cointelegraph Markets Pro, harga Bitcoin (BTC) bergerak di atas 49.000 dolar AS setelah jatuh ke level terendah harian 47,166 dolar AS. Angka ini, meningkat sekitar 4,5% dalam waktu kurang dari dua jam. Demikian pula, harga Ether (ETH) naik 3,5% dibandingkan periode yang sama mencapai 3.411 dolar AS pada saat publikasi.

Volatilitas harga yang tiba-tiba terjadi ketika platform media sosial utama Facebook, aplikasi berbagi foto dan video Instagram, dan aplikasi messenger WhatsApp  yang keduanya juga dimiliki oleh Facebook. Padamnya  platform itu terjadi sekitar pukul 15:16 UTC atau 23.15 WIB pada 4 Oktober. Menurut tim komunikasi Facebook, yang dikomunikasikan melalui Twitter, perusahaan itu “bekerja untuk mengembalikan semuanya menjadi normal secepat mungkin.”

Pada waktu yang hampir bersamaan tanggal 13 Maret 2019, ketiga platform juga melaporkan pemadaman besar yang berlangsung lebih dari 24 jam. Pada saat itu, Facebook mengaitkan masalah tersebut dengan "perubahan konfigurasi server."

Interupsi ini dapat memengaruhi keterlibatan komunitas di sekitar proyek crypto dan blockchain, tetapi Discord, Twitter, YouTube, dan banyak platform lainnya masih berfungsi secara normal. Banyak pengguna Crypto Twitter sudah menggunakan insiden tersebut untuk menyoroti kebutuhan akan jaringan sosial terdesentralisasi yang dibangun di atas blockchain.

“Jika mereka membangun Facebook di blockchain, itu tidak akan pernah turun,” kata Allen Farrington, yang secara teratur menulis tentang Bitcoin dan cryptocurrency di blog Medium-nya.

Pemadaman juga terjadi setelah mantan karyawan Facebook, Frances Haugen, menyerahkan ribuan dokumen kepada jurnalis dan lainnya yang menyiratkan bahwa perusahaan tidak melakukan apa yang diklaimnya terkait dengan menghapus konten ujaran kebencian dari platform dan posting yang mendorong kekerasan. Saham Facebook turun lebih dari 5% pada hari Senin mencapai 324,90 dolar AS pada saat publikasi.

Twitter sudah mengerjakan inisiatif media sosialnya sendiri yang terdesentralisasi. CEO Jack Dorsey pertama kali mengumumkan pada Desember 2019 bahwa platform tersebut akan mendanai tim khusus untuk mengembangkan standar terdesentralisasi untuk media sosial, dan baru-baru ini menyewa pengembang crypto untuk memimpin grup.

Pada saat itu, Dorsey mengatakan tujuannya adalah untuk beralih dari hosting dan penghapusan konten ke algoritme rekomendasi yang mengarahkan perhatian pengguna dan untuk menghindari konten yang memicu kontroversi dan kemarahan daripada percakapan yang sehat dan informatif.