Bagikan:

JAKARTA - Sistem operasi anyar milik Apple, iOS 15 merupakan pembaruan terbesar yang pernah dilakukan perusahaan untuk Apple Maps. Pembaruan ini meliputi tampilan 3D sepenuhnya pada kota tertentu.

Tampilan 3D itu dibekali dengan grafis dan desain yang dibuat guna meningkatkan pengalaman seseorang saat menjelajahi area baru. Dari laporan Apple, baru terdapat empat kota yang mendukung tampilan 3D, yakni London, Los Angeles, New York City, dan San Francisco Bay Area.

Apple berencana menambahkan kota Philadelphia, San Diego, dan Washington D.C. dalam tiga bulan ke depan. Tahun depan Canada akan memiliki momen dengan peta yang lebih rinci datang ke Montreal, Toronto, dan Vancouver. Pembaruan ini juga menampilkan patung Liberty dan London Eye Pier versi 3D.

“Sekarang bahkan lokasi paling terpencil dan berharga di planet ini dapat dijelajahi langsung dari iPhone,” ungkap Apple seperti dikutip dari Slashgear, Selasa, 28 September.

Pada malam hari, patung Liberty menyala apik dengan latar belakang malam yang gelap. Bukan hanya pemandangan terkenal dengan penampilan 3D. Bagian lain kota juga diperlihatkan dengan detail realistis serupa seperti pusat kota, pelabuhan, tepi laut, dan gedung perkantoran.

Dengan peta tampilan 3D ini sangat menarik bahwa Apple berniat untuk mengajak penggunanya keliling dunia secara virtual. 3D Apple Maps ini mengingatkan pada sistem Niantic, yang juga menggunakan pemindaian 3D, dan ditangkap dengan fotogrametri oleh pemain Pokemon GO serta judul serupa.

Sebagai informasi, sistem tampilan 3D Apple dengan arsitektur 3D dibuat sepotong demi sepotong. Diperkenalkan pula bola dunia 3D di Apple Maps iOS 15. Memungkinkan pengguna menavigasi Bumi dengan tekstur dan kontur yang ditambahkan. Dari bola dunia tersebut, akan terlihat area-area yang ditampilkan 3D, sedangkan area yang tidak mendukung akan tampil seperti biasa.

Raksasa Cupertino, AS ini menyatakan aplikasi akan segera menawarkan navigasi yang ditingkatkan melalui CarPlay. Pengendara angkutan umum mungkin merasa lebih mudah untuk berkeliling juga. Jika pengguna memasukkan rute mereka, aplikasi dapat memberi tahu mereka kapan waktunya turun dari bus atau kereta bawah tanah.

Tidak sampai di situ, iOS 15 juga menghadirkan fitur futuristik lain di Apple Maps, seperti petunjuk arah dengan AR, tampilan 3D untuk rute-rute tertentu, petunjuk arah bersepeda, laporan insiden, dan tampilan jalan layang.