Xiaomi Uji Coba <i>Widget</i> yang Mirip Desain iOS
Android selalu memiliki widget dengan desain yang jadul. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bulan lalu Xiaomi dilaporkan sedang mengerjakan widget mirip iOS untuk MIUI alias sistem antarmuka. Sekarang, widget ini sudah tersedia versi beta.

Pengguna dengan perangkat yang didukung yang menjalankan MIUI China Beta ROM dapat langsung merasakan elemen UI baru ini. Selama tahap pengujian awal, hanya beberapa aplikasi pihak pertama yang mendukung sistem widget baru.

Namun mengutip Gizmochina, Senin, 27 September, Xiaomi mengatakan bahwa pengembang enam aplikasi populer di China telah memperbarui aplikasi mereka untuk kompatibilitas dan bahkan memperkenalkan beberapa widget saat ini.

Widget baru ini nantinya akan mendukung aplikasi pihak ketiga yang saat ini memiliki widget untuk MIUI, seperti aplikasi Baidu, Baidu Map, AutoNavi Map, QQ Music, Douyu atau TikTok, dan WPS Office.

Selain aplikasi ini, pengguna juga dapat merasakan widget dari aplikasi bawaan MIUI seperti Gallery, Notes, Clock, Security dan lainnya. Widget dapat ditempatkan baik di App Vault dan di layar beranda. Sistem antarmuka ini juga sudah mendukung mode gelap. Diklaim, widget yang mengadopsi desain iOS ini akan diluncurkan berbarengan dengan MIUI 13.

Sayangnya, widget itu kini hanya tersedia di smartphone kelas menengah dan premium pilihan seperti Mi, Redmi, dan Xiaomi yang menjalankan MIUI China Beta ROM. Tidak diketahui kapan fitur ini akan tersedia di pasar global, tetapi pengujian akan berlangsung hingga 20 Oktober mendatang.

Android selalu memiliki widget dengan desain yang jadul. Sejak Apple memperkenalkan widget di iOS 14 tahun lalu, pesaing mulai mengikuti raksasa Cupertino, AS itu, dimulai dengan Vivo OriginOS.

Tidak hanya itu, Google juga ikut merombak sistem widget Android untuk Android 12 dengan dukungan tema Material You. Terakhir, OPPO yang juga memiliki implementasi widget sendiri disebut Quick View Cards di ColorOS 12.

Berikut daftar dugaan ponsel Xiaomi yang mendukung widget MIUI baru meliputi Mi 11 Ultra, Mi 11 Pro, Mi 11 Youth Edition, Mi 10 Pro, Mi 10, Mi 10s, Mi 10 Ultra, Mi 10 Youth Edition, Mi CC9 Pro, Redmi K40 Pro, Redmi K40, Redmi k40 Gaming Edition, Redmi Note 10 Pro 5G, Redmi Note 9 Pro 5G, Redmi K30 Pro, Redmi K30, Redmi k30 Ultra, Redmi K30 5G, Redmi k30i 5G, Redmi 10X Pro 5G dan Redmi 10X 5G.