Bulan Depan, Facebook Uji Fitur <i>Streaming</i> Video Musik ala YouTube
Aplikasi media sosial Facebook (unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sosial media Facebook terus berinovasi untuk menghadirkan beragam fitur yang bisa digunakan penggunanya. Kali ini Facebook dikabarkan sedang menyiapkan layanan streaming video musik berlisensi ke platformnya. 

Sekilas layanan ini mirip dengan YouTube, di mana penyanyi atau artis dapat memiliki laman tersendiri di Facebook untuk mengunggah video musik dan karyanya. Rencananya fitur ini akan mulai diuji coba pada 1 Agustus mendatang, untuk pengguna Facebook di Amerika Serikat (AS). 

Dirangkum dari laman Tech Crunch, Facebook sedang menyiapkan halaman video musik tersendiri dengan label artis dan centang biru yang sudah terverifikasi. Pengguna Facebook bisa mencari dan menonton artis atau penyanyi yang disukai melalui tab Facebook Watch. 

Tangkapan layar fitur video musik Facebook (Tech Crunch)

Seperti diketahui, banyak artis yang terikat kontrak dengan label besar di AS dilarang untuk mengunggah video musiknya ke Facebook. Sebagai gantinya, mereka hanya dapat membagikan cuplikan video berdurasi singkat.

Memahami hal tersebut, Facebook tampaknya berusaha mengubah arah kebijakan. Bahkan menurut laporan Bloomberg, sejak akhir tahun lalu, Facebook dikabarkan sedang bernegosiasi dengan tiga label rekaman besar seperti Universal Media Group, Sony Music dan Warner Music Group hak penayangan atas video musik. 

Secara luas, Facebook ingin memperluas platform media sosialnya. Jejaring sosial media buatan Mark Zuckerberg ini juga telah mulai memasukkan beragam tayangan video ke platformnya.