YouTube Sekarang Punya Fitur Playables untuk Bermain Game
YouTube kini bisa bermain game (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA - Setelah bertahun-tahun fokus dalam pengembangan format video, kini YouTube mulai memasukkan game online di platform mereka. Fitur ini hanya bisa diakses oleh pelanggan Premium

Fitur ini pertama kali muncul pada September lalu dalam bentuk eksperimental dan hanya bisa dicoba beberapa pengguna. Namun, The Verge melaporkan bahwa fitur Playables ini sudah bisa diakses sejak pekan lalu.

Saat ini, pengguna Premium sudah bisa mengakses 37 permainan sederhana di Playables tanpa perlu mengunduh atau menginstal gimnya. Beberapa game yang bisa ditemukan adalah Angry Birds Showdown, Brain Out, Daily Solitaire, dan masih banyak lagi.

Mengingat fitur ini masih menjadi uji coba, Playables hanya tersedia hingga 28 Maret tahun depan. YouTube tidak menjelaskan lebih lanjut apakah fitur ini akan diluncurkan kembali setelah ditarik atau tidak.

Pada dasarnya, YouTube memang lahir dari perusahaan teknologi non-game. Namun, keputusan YouTube memasukkan game di platform mereka dapat dipahami karena beberapa aplikasi besar juga memutuskan hal serupa.

Seperti Meta misalnya, perusahaan itu telah membuat game instan selama beberapa tahun dan akan meluncurkan model distribusi untuk membantu developer mempublikasikan versi beta game mereka di Facebook pada bulan November.

Selain itu, Netflix yang merupakan platfrom streaming film dan series telah merilis game eksklusif khusus untuk perangkat seluler. Platform ini juga berniat memperluas game cloud mereka untuk umum.

Maka dari itu, merambahnya YouTube ke layanan game bukan hal yang baru. Namun, beberapa pengguna mungkin tidak begitu tertarik dengan layanan baru ini karena perusahaan telah menaikkan harga paket Premium mereka menjadi 2 dolar AS (Rp30 ribu) di musim panas ini.