Perbandingan Intel Core i3 vs i5 vs i7: CPU Apa yang Harus Anda Pilih Saat Ini?
Perbedaan Intel Core i3, Core i5, dan Core i7 (Winpoin)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Prosesor merupakan otak dari komputer. Tapi, memahami perbedaan antara beberapa jenis prosesor membutuhkan kerja otak yang tak sedikit.

Sayangnya, produsen menerapkan skema penamaan yang agak membingungkan. Buktinya, masih banyak pengguna yang ragu dalam menentukan pilihan. Antara Intel i3, i5, atau i7, mana yang harus dibeli?

Kali ini, tim VOI sudah mengumpulkan perbandingan ketiga prosesor tersebut. Setelah mengenali perbedaan di antara ketiganya, semoga Anda bisa lebih mudah dalam menentukan pilihan produk PC atau laptop yang ingin dibeli.

Perbedaan Intel Core i7, Core i5, dan Core i3

Seperti yang bisa kita simpulkan dari namanya: Intel Core i7 lebih baik ketimbang Core i5, dan Core i5 lebih baik dibanding Core i3. Masalahnya adalah mengetahui apa yang bisa diharapkan dari tiap versi.

Pertama, Core i7 bukan berarti prosesor dengan tujuh inti! Ini cuma penamaan versi prosesor saja dan mengindikasikan tingkat performa.

Intel Core i3 yang lebih tua memiliki prosesor dual-core. Tapi, Core i3 generasi terbaru (i3 gen 11) memiliki CPU dengan konfigurasi dual-core dan quad-core.

Cerita yang sama juga dimiliki prosesor Core i5. Generasi awal Core i5 dibekali konfigurasi prosesor dual dan quad-core.

Sedangkan generasi terbaru memiliki kombinasi quad atau bahkan hexa-core prosesor -lengkap dengan kecepatan overclock yang lebih tinggi ketimbang Core i3.

Sementara itu, generasi terbaru CPU Core i7 memiliki konfigurasi quad-core, hexa core, dan octa-core. Sekali lagi, performa Intel Core i7 mengungguli Core i5 dan jauh lebih kencang ketimbang CPU entry-level Core i3.

Secara lebih mudah, konfigurasi quad-core biasanya lebih baik ketimbang dual-core, hexa-core lebih bagus daripada quad-core, dan seterusnya. Tapi, pengandaian ini tidak selalu akurat. Bergantung pada generasi CPU.

Cara Memeriksa Spesifikasi CPU Laptop atau Komputer

Anda bisa memeriksa spesifikasi CPU pada sebuah laptop atau komputer. Cukup melihat kombinasi angka yang mengikuti nama versi Intel Core yang digunakan. Misal, Intel Core i7-11700K mengindikasikan bahwa laptop tersebut mengandalkan CPU Core i7 Generasi 11.

Sementara itu, angka yang mengikuti simbol generasi CPU mengisyaratkan perbandingan kemampuan antara CPU dalam satu generasi. Misal, Intel Core i3-8145U lebih baik ketimbang Core i3-8109U. Pasalnya, angka 145 lebih tinggi dibanding 109. Anda bisa melihatnya, bukan?

Sampai saat ini, peraturan penamaan tersebut masih dijalankan oleh Intel. Hanya saja, pengguna awam aan kesulitan mengikuti -karena ada banyak modifier yang bisa kita temukan dalam satu seri CPU.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam memilih CPU Intel. Semoga dengan mengetahui perbedaan Intel Core i3, Core i5, dan Core i7 melalui penjelasan di atas bisa membantu Anda untuk menentukan laptop atau PC yang harus dibeli.