Xiaomi Tantang Facebook, Luncurkan Kacamata Pintar dengan Fitur Berbeda
Kacamata pintar dari Xiaomi memiliki bobot yang cukup ringan. (foto: xiaomi)

Bagikan:

JAKARTA - Xiaomi baru saja menantang Facebook di pasar perangkat yang dapat dikenakan dengan meluncurkan kacamata pintarnya sendiri. Xiaomi Smart Glasses ini memiliki bobot 51 gram.

Perangkat tersebut tidak hanya mampu mengambil foto, tetapi juga menampilkan pesan dan notifikasi, melakukan panggilan, menyediakan navigasi dan menerjemahkan teks secara real time di depan mata pengguna, seperti dikutip dari Engadget, Rabu, 15 September.

Seperti Facebook, Xiaomi juga menekankan ringannya perangkat terlepas dari fitur-fiturnya. Namun, dengan berat 51 gram, ini sedikit lebih berat daripada Ray-Ban Stories milik Facebook. Selain itu, kacamata ini juga memiliki lampu indikator yang menunjukkan saat kamera 5 megapiksel sedang digunakan.

Menggunakan teknologi MicroLED pada layarnya, layaknya OLED, piksel MicroLED menyala secara individual sehingga menghasilkan tampilan lebih terang dengan warna hitam pekat. Dengan struktur yang lebih sederhana, MicroLED memiliki kerapatan piksel tinggi serta usia yang lebih panjang. Kelebihan ini membuat Xiaomi Smart Glasses memiliki tampilan ringkas, sekaligus integrasi yang lebih mudah dengan lensa kacamata.

Xiaomi Smart Glasses memiliki chip display berukuran 2,4 x 2,02 milimeter, untuk memastikan pengguna mendapatkan tingkat kecerahan maksimal hingga 2 juta nits, meski dipakai saat siang terik tetapi penglihatan pengguna masih cukup terang.

Bahkan, Xiaomi Smart Glasses dibekali SoC ARM quad-core yang cukup mumpuni. Hadir pula teknologi optical waveguide, di mana secara signifikan berhasil memangkas ukuran dan bobot dari Xiaomi Smart Glasses, sehingga kacamata pintar ini bisa mendekati bentuk kacamata pada umumnya.

Dikatakan Xiaomi, kacamata pintarnya ini mengintegrasikan sebanyak 497 komponen termasuk sensor dan modul komunikasi dalam ukuran kecil, yang membuat perangkat ini bukan hanya sekadar layar kedua dari smartphone pengguna.

Kacamata pintarnya tersebut mampu melakukan banyak hal, seperti memilih notifikasi paling penting untuk ditampilkan kepada, termasuk alarm rumah pintar dan pesan dari kontak penting.

Kemampuan navigasi perangkat juga dapat menampilkan peta dan arah di depan mata pengguna, bisa menampilkan nomor telepon yang sedang menghubungi pengguna dan dapat menerima panggilan menggunakan mikrofon juga speaker bawaan kacamata pintar.

Mikrofon itu juga dapat menangkap ucapan, yang dapat diterjemahkan oleh algoritme penerjemahan milik Xiaomi secara real time. Fitur terjemahan kacamata juga berfungsi pada teks tertulis dan teks pada foto yang diambil melalui kameranya. Sayangnya, perusahaan belum mengumumkan harga atau tanggal peluncuran resmi untuk kacamata tersebut.