Facebook Bekerja sama dengan Ray-Ban Luncukran Kacamata Pintar, Bisa Bergaya Sekaligus Main Internet
Kacamata Ray-Ban, bakal memiliki kemampuan canggih dan tidak sekedar buat bergaya. (foto: Olga Zhushman/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Facebook Mark Zuckerberg telah mengkonfirmasi bahwa produk perangkat keras berikutnya dari perusahaannya adalah kacamata pintar yang dikembangkan bekerja sama dengan pemilik Ray-Ban Essilor Luxottica.

Kacamata tersebut dikatakan memiliki bingkai ikonik yang terkenal dengan Ray-Ban, terintegrasi dengan fitur AR. Zuckerberg mengumumkan ini selama pemaparan pendapat Q2 2021 dari perusahaan itu. Kacamata bermerek Ray-Ban dari Facebook adalah salah satu langkah pertama dalam menciptakan kacamata futuristik yang menambah dunia nyata dengan data atau grafik dari Internet.

“Ke depan di sini, rilis produk berikutnya adalah peluncuran kacamata pintar pertama kami dari Ray-Ban dalam kemitraan dengan Essilor Luxottica,” kata Zuckerberg. 

Dia juga mengatakan bahwa kacamata memiliki faktor bentuk ikonik mereka. “Kacamata ini membiarkan Anda melakukan beberapa hal yang cukup rapi. Saya senang untuk meluncurkan ini ke tangan orang-orang dan untuk terus membuat kemajuan dalam perjalanan menuju kacamata augmented reality penuh di masa depan,” kata Zuckerberg. 

Spesifikasi teknis kacamata pintar yang akan diproduksi oleh perusahaan Prancis-Italia itu tidak diungkapkan. Zuckerberg juga tidak mengatakan batas waktu tertentu untuk peluncurannya.

Dia juga berbicara tentang menciptakan 'metaverse' virtual di mana pengguna akan dapat 'teleportasi' ke ruang digital menggunakan teknologi AR dan VR. Dia juga menekankan bagaimana perdagangan dan iklan akan menjadi aspek penting dari pendapatan ke depan.

Kacamata pintar ini dikabarkan sedang dalam pengembangan cukup lama. Sebuah laporan tahun lalu menunjukkan bahwa para insinyur di tim 'Project Aria' sedang bereksperimen dengan kacamata tersebut.

Di samping kacamata pintar, Facebook juga dilaporkan sedang mengerjakan jam tangan pintar baru yang akan mengintegrasikan fitur-fitur seperti dua kamera dan monitor detak jantung. Salah satu dari dua kamera akan dipasang di bagian depan yang dimaksudkan untuk panggilan video sementara yang lain dimaksudkan untuk menangkap rekaman setelah terlepas dari rangka baja tahan karat. Jam tangan pintar ini dikatakan akan diluncurkan sekitar tahun 2022.