Empat  Hari Berturut-Turut Dompet Digital Chivo Terus Alami Masalah
Warga El Savador terus alami kesulitan mengakses Chivo. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA – Dalam hari keempat berturut-turut, gangguan teknis telah menimpa dompet digital bitcoin pemerintah El Salvador, Chivo. Ini sebuah kemunduran yang dapat membuat warga enggan mendaftar ke aplikasi yang dipromosikan oleh Presiden Nayib Bukele.

Masalah mengakses dompet, menarik uang dari ATM, dan verifikasi data, serta pemerintah tidak menyetorkan bonus sebesar 30 dolar AS seperti yang dijanjikan Bukele kepada semua pengguna Chivo adalah masalah yang paling sering dikeluhkan. Hal ini terungkap dalam wawancara Reuters dengan 10 pengguna dan keluhan pengguna yang diposting di Twitter dan Facebook.

Melvin Vasquez, seorang seniman tato berusia 30 tahun, mengunduh Chivo pada Selasa, 7 September ketika undang-undang bitcoin mulai berlaku di El Savador. Namun sejak itu hingga kini ia mengaku tidak dapat menggunakannya.

"Saya ingin melihat apakah saya dapat membeli sesuatu, tetapi itu bahkan tidak mengizinkan saya masuk," keluh Vasquez. Keluhan ini muncul setelah ia mencoba membeli pizza di sebuah restoran di pinggiran San Salvador. "Mereka seharusnya mempersiapkan lebih banyak ... Ini tidak begitu nyaman," tambahnya

Keluhan pengguna juga menumpuk di App Store Apple dan Google Play Alphabet.

"Saya mengunduhnya dan memasukkan semua data saya. Sekarang ketika saya ingin masuk lagi, itu tidak membiarkan saya dan tidak mengenali pin atau ID wajah saya. Saya tidak punya pilihan lain. Sejujurnya, aplikasi ini sangat buruk!," kata salah satu pengguna.

Presiden Bukele sempat turun tangan langsung pada hari Rabu untuk mengelola peluncuran penuh aplikasi pembayaran yang mendukung adopsi bitcoin El Salvador sebagai alat pembayaran yang sah. Chivo, yang menjanjikan transaksi bebas komisi dan pemerintahan El Savador  berharap akan diadopsi oleh warga yang tidak memiliki rekening bank. Namun aplikasi itu telah terputus beberapa kali untuk memperbaiki gangguan.

Pemerintah Bukele menargetkan 2,5 juta orang Salvador, sekitar 39% dari populasi, untuk mengunduh Chivo, yang dinamai menurut kata lokal untuk 'baik'. Dia berpendapat bahwa bitcoin akan memungkinkan warga El Salvador menghemat 400 juta dolar AS setiap tahun dalam komisi untuk pengiriman uang.

Akan tetapi banyak dari orang-orang yang mengirim atau menerima dolar ke El Salvador tidak mempercayai bitcoin. Beberapa menyatakan ketakutan akan kehilangan uang, mengingat volatilitas cryptocurrency yang tinggi.

Bitcoin telah mengalami pergerakan perdagangan harian sebesar 10% atau lebih 10 kali tahun ini, seperti yang terjadi pada tahun 2020 dan 2019, menurut data Refinitiv. Pada 2018 dan 2017, ada 17 hari setiap tahun dengan 10% pergerakan atau lebih.