BMW Motorrad Perkenalkan Sepeda i Vision AMBY dan Sepeda Listrik Vision AMBY
I Vision AMBY dan Vision AMBY (NewAtlas)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Setelah bertahun-tahun dikenal sebagai produsen motor gahar ber-CC besar, BMW Motorrad mencoba sesuatu yang baru. Lewat Concept CE-02 yang diperkenalkan perusahaan dalam IAA Mobility 2021 di Jerman, perusahaan menawarkan dua moda transportasi masa depan.

Terdiri atas sepeda listrik yang diberi nama i Vision AMBY dan motor listrik bernama Vision AMBY. Sedangkan AMBY sendiri merupakan singkatan dari Adaptive Mobility (Mobilitas Adaptiv) -yang menurut perusahaan merupakan nilai utama dari kedua prototipe tersebut.

Dan kali ini, tim VOI akan mengulas lebih dalam mengenai dua kendaraan listrik produksi perusahaan asal Jerman ini. Dirangkum dari rilis resmi perusahaan, simak uraian di bawah.

Berkenalan dengan i Vision AMBY

Produk pertama dari prototipe Concept CE-02 adalah i Vision AMBY. Ramping dan dijamin nyaman dipakai kala melakukan manuver di tengah kemacetan kota.

Tak hanya itu, sepeda listrik garapan BMW Motorrad ini mampu menghasilkan kesan yang benar-benar futuristik.

Mulai dari sudut-sudut tajam di bagian kerangka, handlebar setingkat atlet, serta ban berukuran besar yang lebih menjamin keseimbangan. Pada stang berukuran lebar, perusahaan menambahkan strip LED dengan auto high-beam.

Ruang di antara kerangka aluminium bisa dipakai untuk meletakkan tas penyimpanan. Menurut klaim perusahaan, baterai berukuran 2.000 Wh yang ditanamkan mampu dipakai untuk berkendara sejauh 300 km.

Sementara itu, kecepatan juga mendapat perhatian dari para desainer BMW. Dibekali tiga tingkatan gir, eBike ini diproyeksikan mampu mengatasi berbagai jenis kondisi. Dengan kecepatan mencapai 25 kpj saat di jalan yang landai dan berliku. Sedangkan di perkotaan, kecepatannya bisa mencapai 45 kpj.

Vision AMBY: Sepeda Listrik dengan Desain Moto Sport

Dibandingkan versi sepeda, Vision AMBY hadir dengan desain yang agak bongsor. Terinspirasi dari desain Motocross, sepeda listrik ini terlihat lebih tangguh. Terlebih, perusahaan sudah menambahkan ban off-road yang tebal dengan sedel setinggi 861 mm.

Dibekali throttle twist-grip serta kaki bagian depan dengan gaya sepeda tradisional. Hasilnya, kecepatan sepeda listrik Vision AMBY terbilang stabil -baik untuk daerah perkotaan, jalan lengan, atau jalan berkelok ala pegunungan.

Kecanggihan lain dari sepeda listrik ini yakni mampu dihidupkan dari jarak jauh. Pengguna cukup menyambungkan sepeda dengan ponsel melalui aplikasi smartphone saja. Dan aplikasi itu pula yang berperan sebagai kunci digital.

Melalui kedua sepeda ini, BWM Motorrad menawarkan konsep baru atas eBike. Pabrikan motor asal Jerman tersebut menawarkan gagasan baru atas kendaraan ramah lingkungan yang mengaburkan batasan antara sepeda dan sepeda motor.

Sayang, kedua prototipe ini masih sekadar konsep saja. Perusahaan masih enggan menyampaikan roadmap produksi kedua eBike tersebut. Namun, kehadiran dua eBike ini tentunya menjadi tawaran baru untuk mobilitas masyarakat di perkotaan.