BMW Luncurkan Sepeda Motor Listrik Perkotaan Seharga Rp115 Juta
BMW CE 02 (Dok. BMW Group)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak pabrikan berlomba-lomba menciptakan kendaraan listrik untuk mencapai netralitas karbon di beberapa tahun mendatang. Tidak hanya pabrikan mobil, pabrikan kendaraan roda dua juga turut serta dalam upaya ini.

Belum semasif kendaraan roda empat, beberapa produsen sepeda motor mulai tertarik dengan segmen ini dan telah meluncurkan produknya ke pasar. Salah satunya adalah BMW Motorrad.

Baru-baru ini, pabrikan tersebut secara resmi meluncurkan sepeda motor listrik ringan dengan desain futuristik dan teknologi tercanggih yang diberi nama CE 02.

3

BMW menjelaskan bahwa sepeda motor listrik yang juga dikenal dengan eParkourer, dirancang khusus untuk kaum muda sebagai alat transportasi perkotaan.

Menurut laporan Electrek, pada Sabtu, 8 Juli, Edgar Heinrich, kepala desain BMW Motorrad, menyatakan bahwa kendaraan ini memiliki berat 132 kg dan sebagian besar dirancang sebagai playbike perkotaan.

"Dengan CE 02, kami ingin menciptakan sesuatu yang baru di BMW Motorrad dan menjadi pionir sekali lagi. Dengan proporsi yang tidak biasa dan desain yang mencolok, CE 02 adalah bentuk mobilitas single-track yang sederhana namun berjiwa muda," ucap Edgar.

Sepeda motor listrik ini memiliki tenaga listrik yang mampu mencapai kecepatan maksimum 95 km/jam, cukup untuk memenuhi kebutuhan berkendara di perkotaan maupun pinggiran kota.

Dilengkapi dengan sepasang baterai berkapasitas total 3,92 kWh, CE 02 memiliki jangkauan maksimum hingga 90 km. Motor ini juga mendukung pengisian daya ulang offboard level 1, mirip dengan sepeda listrik.

Motor ini bisa diisi daya dari 0 hingga 100 persen dalam waktu sekitar 5 jam dengan daya pengisian standar 0,9 kW. Namun, dengan pengisian baterai berkekuatan 1,5 kW, motor ini dapat terisi penuh dalam waktu 3,5 jam.

Untuk meningkatkan performa, BMW melengkapi CE 02 dengan lengan ayun belakang satu sisi, inverted front fork, disk-style cast wheels, kunci keyless, tuas rem tangan yang dapat disesuaikan, gigi mundur, dan port USB-C untuk pengisian perangkat seperti ponsel.

Dengan berbagai keunggulan dan teknologi canggih yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan, BMW Mototrrad menjual CE 02 dengan harga 7.599 dolar AS atau sekitar Rp115 juta.