Inovasi Baru, Samsung Bikin <i>Casing Smartphone</i> Anti COVID-19
Foto: Samsung

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi saat ini tengah membuat inovasi untuk menciptakan penangkal COVID-19 yang tersebar luas secara global. Belum lama ini, Samsung telah menetapkan merek dagang Antimicrobial Coating sebagai lapisan casing untuk perangkat mereka.

Merangkum GizmoChina, Minggu 5 April, lapisan Antimicrobial Coating diklaim secara efektif mampu melawan virus mematikan tersebut. Karena ia bertahan pada permukaan tertentu, virus ini dapat dengan mudah ditularkan melalui sentuhan. Di sinilah casing baru Samsung tersebut akan bekerja, karena lapisan antimikroba akan mencegah partikel virus itu tetap berada di permukaan casing.

Samsung menyadari bahwa saat ini jarang adanya vaksinasi, dan menurutnya pencegahan adalah metode terbaik untuk melawan virus. Jadi, langkah seperti ini harus dilakukan karena smartphone umumnya dipenuhi bakteri karena interaksi yang terus-menerus dilakukan. Lapisan baru ini akan memastikan bahwa bakteri tidak akan bertahan lama.

Perusahaan asal Korea Selatan ini telah mengajukan paten untuk Antimicrobial Coating pada 30 Juni lalu di beberapa negara. Lebih lanjut, peluncuran seri Galaxy Note 20 yang akan datang mungkin merupakan waktu yang tepat untuk peluncuran lapisan pelindung tersebut. Meskipun, masih terlalu dini untuk mengetahui kapan mereka akan rilis.

Mengutip Nms Medical Device, dalam dunia medis pelapis antimikroba adalah senjata ampuh melawan infeksi terkait virus. Lapisan ini telah dikembangkan untuk mencegah pertumbuhan, dan penyebaran bakteri dan kuman pada permukaan seperti peralatan medis, dinding ruangan steril, pegangan pintu dan area bersentuhan tinggi lainnya.

Ada berbagai macam teknologi pelapisan permukaan, mulai dari eksipien farmasi dan agen antimikroba untuk perangkat medis dan implan bedah, hingga pelapis yang memastikan permukaan didesinfeksi.

Perangkat medis diketahui merupakan penyebab umum dari penyebaran bakteri, selalu ada risiko kontaminasi ketika membenamkan segala jenis perangkat asing dalam tubuh manusia. Efeknya berkisar lamanya penyembuhan, hingga kematian.

Praktik kesehatan terbaik saat ini menunjukkan bahwa perangkat medis yang dilapisi antimikroba bisa sangat membantu menghilangkan infeksi mematikan karena antimikroba dirancang untuk melawan sebagian besar bakteri.

"Pelapis antibakteri ditujukan untuk mencegah kolonisasi bakteri pada permukaan. Ini bisa terjadi melalui berbagai mekanisme aksi seperti mencegah perlekatan bakteri, melepaskan agen antibakteri atau membunuh bakteri saat kontak dengan permukaan," jelas seorang profesor dari School of Engineering di University of South Australia, Krasimir Vasilev.