Gawai Anyar Samsung Bakal Miliki Enam Lensa Kamera Belakang
Ilustrasi desain Samsung Galaxy S30 yang punya enam kamera (dok. LetsGoDigital)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung sepertinya tidak cukup puas dengan menempatkan empat kamera di belakang ponselnya. Kini, produsen smartphone asal Korea Selatan itu dikabarkan telah mematenkan ponsel dengan enam kamera belakang.

Melansir dari Tom's Guide, beredar kabar yang menyebutkan bahwa Samsung akan menyematkan enam lensa kamera tersebut pada gawai terbarunya yang diberi nama Galaxy S30. Perusahaan itu juga telah mendaftarkan paten ke World Intellectual Property Office (WIPO), sejak Desember 2019.

Adapun berdasarkan desain paten, smartphone ini menggunakan konfigurasi lima sensor kamera wide-angle dengan panjang fokus 28mm dan satu lensa telefoto. Penempatan kamera-kamera ini disusun secara horizontal dengan tiga lensa di setiap kolomnya ditambah satu LED Flash.

Desain paten enam kamera Samsung Galaxy S30 (dok. LetsGoDigital)

Tak hanya menyematkan banyak sensor kamera di smartphone penerus Galaxy S20 ini. Samsung juga menambahkan fitur yang tak kalah menarik, yakni masing-masing sensor kamera dapat bergerak dan dimiringkan secara terpisah. 

Kemampuan ini berdasar pada paten berjudul "Apparatus and method for operating multiple camera for digital photography," tulis Samsung sebagaimana dilansir LetsGoDigital.

Itu artinya masing-masing kamera di Galaxy S30 dapat melihat ke arah yang berbeda dengan yang lain, atau ke tempat pengguna mengarahkan fokus gambar maupun objek. Hal ini memungkinkan pengguna ponsel ini untuk mendapatkan bidikan gambar panorama yang lebih luas tanpa harus menggerakkan smartphonenya. 

Diyakini, teknologi lensa kamera yang disematkan pada Galaxy S30 akan memiliki focal length lebih tinggi, sehingga kemampuan mengambil foto dalam kondisi low light lebih baik. Hasil gambar dalam mode HDR juga akan meningkat cukup drastis dengan penambahan lensa dan sensor kamera yang lebih banyak dari sebelumnya.

Sayangnya hingga saat ini, belum diketahui apakah Samsung benar-benar akan mewujudkan desain paten enam kamera belakang di produk terbarunya. Kalaupun direalisasikan, tentu harga gawai Galaxy S30 akan menjadi sangat mahal.

Sebelum Samsung, banyak pabrikan smartphone yang mulai menyematkan empat kamera di belakang gawainya. Bahkan Nokia 9 PureView, telah lebih dulu menggunakan konfigurasi lima kamera belakangnya.