3 <i>Smartphone</i> dengan Kamera Selfie Terbaik 2020
Ilustrasi Selfie (unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini smartphone merupakan perangkat paling mudah digunakan untuk memotret suatu objek atau peristiwa. Tidak heran jika para vendor smartphone saat ini berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi kamera yang berkualitas tinggi. 

Bukan hanya kamera utama atau belakang saja yang diunggulkan. Kamera selfie yang ada di bagian depan ponsel pintar ini turut di-upgrade sedemikan rupa, agar menghasilkan kualitas memukau. 

Berikut ini adalah smartphone flagship dengan kamera selfie terbaik berdasarkan penilaian situs benchmarking DxOMARK. Sebagai informasi, DxOMark adalah organisasi yang berfokus untuk menguji kualitas kamera, dengan pengujian yang secara profesional.

1. Huawei Nova 6 5G

Di posisi pertama ini ditempati oleh vendor asal China, Huawei dengan ponselnya Nova 6 5G yakni gawai yang mengutamakan spesifikasi dan kinerja kamera depan. Didukung chipset Kirin 990 yang juga dapat ditemukan di ponsel kelas atas Huawei lainnya seperti Mate 30 Pro.

Huawei Nova 6 5G ini dilengkapi dengan kamera depan ganda. Modul sekunder digunakan untuk menangkap selfie sudut lebar dan pengindraan dalam juga dapat menciptakan mode bokeh yang disimulasikan. 

Penilaian skor DxOMARK Huawei (tangkapan layar DxOMARK)

Gambar yang dipotret dengan kamera depan gawai itu menunjukkan pencahayaan yang baik di hampir semua kondisi berkat pemrosesan HDR, yang memiliki rentang dinamis luas. Menjadikannya pilihan terbaik untuk memotret dalam situasi kontras tinggi yang sulit juga dilengkapi dengan flash.

Kamera Huawei Nova 6 5G juga dilengkapi dengan sistem fokus otomatis yang memberikan fokus yang baik dari jarak dekat ke jarak pemotretan selfie-stick, dan lensa aperture f/2.2 menawarkan kedalaman bidang yang luas, menjaga latar belakang dan orang-orang di belakang pemotretan grup tetap fokus.

Ponsel ini pun mendapat skor DxOMARk di angka 100, yang menempatkan Huawei Nova 6 5G sebagai smartphone dengan kamera selfie terbaik tahun 2020. Gawai ini dibanderol dengan harga Rp8,3 jutaan.

2. Samsung Galaxy Note 10+ 5G

Perangkat ini merupakan andalan dari pabrikan smartphone asal Korea Selatan. Galaxy Note 10+ 5G menawarkan kemampuan kamera selfie dengan sensor terbaik, sehingga mampu menghasilkan gambar yang tajam dan bukan sekedar editan filter. 

Menggunakan kamera tunggal berukuran 10Mp 1/3-inci yang digabungkan ke lensa 25mm dengan aperture f/2.2. Kameran depan Samsung ini bisa merekam klip selfie pada resolusi 4K pada 30 frame per detik.

Hal ini didukung teknologi sistem AF dual pixel memastikan bahwa gambar tetap berada dalam keadaan fokus, baik dalam mode pengambilan foto maupun video. Hasil foto yang tajam dengan konfigurasi pencahayaan yang dinamis menjadi daya tarik perangkat flagship Samsung ini.

Penilaian skor DxOMARK Samsung Note 10+ (tangkapan layar DxOMARK)

Tak lengkap bila kamera selfie Samsung, tidak memiliki mode bokeh. Meski dengan konfigurasi artificial, sensor kamera yang dibenaman Samsung untuk Galaxy Note 10+ 5G ini bisa menghasilkan foto dengan objek blur yang baik dalam berbagai situasi. 

Hal ini juga didukung dengan kemampuan chipset Qualcomm Snapdragon 855, sehingga proses rendering gambar jadi sangat cepat. Skor DxOMARK pun mencatat Samsung Note 10+ 5G dengan hasil yang memukau. Bila berminat gawai ini bisa dibeli dengan harga Rp14 jutaan

 

Cuplikan hasil foto Samsung Note 10+ 5G (dok. DxOMARK)

 

3. Xiaomi Mi CC9 Pro Premium Edition

Nama gawai ini memang cukup asing didengar bagi pengguna smartphone Xiaomi. Sebab varian Mi CC9 Pro Premium Edition, memang hanya dipasarkan secara eksklusif di China dan tidak didistribusikan ke luar.

Untuk pasar di luar China, gawai ini akan bernama Mi Note 10 Pro. Secara desain dan spesfikasi, ponsel ini akan sangat cocok buat Anda penggemar swafoto.

Kamera depannya memiliki sensor kamera 32MP berukuran 1/2,8 inci dan dengan kerapatan piksel 0,8 μm. Konfigurasi kamera ini digabungkan dengan lensa aperture f/2- sudut lebar 26mm dan dilengkapi fitur Phase detection autofocus (PDAF). Kamera depan juga mampu menangkap video Full HD pada 30 frame per detik.

Penilaian skor DxOMARK Xiaomi CC9 Pro Premium Edition (tangkapan layar DxOMARK)

Menilik skor DxOMARKnya, smartphone Mi CC9 Pro ini bersanding ketat dengan Google Pixel 2 dan Huawei Mate 20 Pro. Di atas kertas, kemampuan kamera selfie Xiaomi ini bisa mendekati angka penilaian dari Huawei Nova 6 dengan skor 105 untuk foto dan 93 untuk video.

Xiaomi juga berbaik hati dengan menanamkan lensa 26mm agar bisa melakukan pengambilan foto selfie dengan bidang latar yang lebih luas. Filter lensa yang disematkan Xiaomi juga membuat tampilan objek gambar jadi lebih lembut. Jika tertarik, Xiaomi membanderol ponsel ini dengan harga Rp8,6 jutaan.