Tantang Galaxy S20 Ultra, Xiaomi Mi 10 Pamer Kemampuan Memotret dari Luar Angkasa
Xiaomi Mi 10 Pro (dok. Xiaomi)

Bagikan:

JAKARTA - Xiaomi terus menggoda penggemarnya lewat smartphone yang akan segera diluncurkannya, yakni Mi 10 Pro. Melalui iklan komersilnya Xiaomi memamerkan kemampuan memotret Mi 10 Pro dengan teknologi kamera 108 megapiksel (MP) dari luar angkasa. 

Video iklan ini dimulai, dengan memperlihatkan tim ilmuan yang memasangkan kamera 108MP di sebuah satelit mini. Teknologi kamera itu juga yang dipasangkan di Xiaomi Mi 10 Pro.

Setelah melayang-layang di luar angkasa, teknologi kamera buatan Xiaomi ini menunjukkan kemampuannya. Diklaim kamera 108MP Xiaomi mampu memotret permukaan planet Bumi dengan jernih dan tajam.

"See you world in 108 megapixels," ucap Xiaomi dalam iklan berdurasi satu menit, seperti dilihat VOI, Kamis, 12 Maret.

Sejatinya ini bukan kali pertama bagi Xiaomi, memamerkan kecanggihan kamera buatannya. Sebelumnya Xiaomi juga telah menyematkan teknologi 108MP di Mi Note 10 dan CC9 Pro.

Di atas kertas, Xiaomi memang menjagokan sektor kamera pada Mi 10 Pro. Perangkat ini memiliki konfigurasi kamera utama 108MP dengan fitur Phase detection autofocus (PDAF) dan Optical Image Stabilizer (OIS). 

Selain kamera utamanya, Xiaomi juga membekali Mi 10 Pro dengan lensa telefoto 8MP apeture f/2.0 dengan kemampuan 10x hybrid optical zoom, lensa portrait 12MP apeture f/2.0 dengan dukungan 2x optical zoom, dan lensa ultrawide 20MP apeture f/2.2, sebagaimana VOI rangkum dari GSM Arena.

Menurut situs benchmarking kamera DxOMARK, teknologi kamera 108MP yang ditanamkan Mi 10 Pro berhasil mendapatkan skor 124 dan audio 76. Hasil ini membuat Xiaomi Mi 10 Pro menggeser Oppo Find X2 Pro untuk jepretan foto terbaik.

Peningkatan performa Mi 10 Pro juga didukung chipset Snapdragon 865, yang menghasilkan jepretan foto lebih baik. Chipset tersebut mendukung proses rendering tekstur, pemotretan di kondisi minim cahaya, dan ketajaman sudut gambar yang lebih stabil.

Jika melihat hasil DxOMARK milik Mi 10 Pro, bisa dipastikan perangkat ini akan menjadi pesaing ketat untuk Samsung Galaxy S20 Ultra. Di mana pabrikan smartphone asal Korea Selatan ini juga membekali ponselnya dengan kamera berukuran 108MP.

Galaxy S20 Ultra menggunakan Sensor Samsung ISOCELL Bright HM1 108MP. Jika menelisik lebih jauh, teknologi kamera Galaxy S20 Ultra ini hanya beresolusi 12MP. Namun, Samsung menggabungkan hasil jepretan kamera ini dengan teknologi Nonacell.

Di mana teknologi HM1, akan mengkombinasikan hasil gambar secara bersamaan (pixel-binning) untuk menghasilkan foto yang lebih tajam. Selain itu Samsung juga membekali Galaxy S20 Ultra dengan empat kamera lainnya dengan konfigurasi Ultra Wide, telephoto dan Time of Flight.