Bagikan:

JAKARTA – Dalam laporan sebelumnya menyatakan bahwa iPhone 13 akan dibekali dengan konektivitas panggilan telepon satelit sepertinya akan mengecewakan.

Jurnalis Bloomberg, Mark Gurman yang dikutip dari Engadget, Senin, 6 September, baru saja mengabarkan teknologi tersebut akan berjalan atau berfungsi hanya pada area tanpa jaringan seluler atau pasar tertentu saja.

Itu artinya, teknologi ini kemungkinan tidak akan berfungsi sebagai cadangan ketika layanan seluler tidak stabil di wilayah pengguna.

Apple dilaporkan ingin meluncurkan satelitnya sendiri untuk menyediakan lebih banyak cakupan data, tetapi rencana itu bisa dipastikan akan terjadi bertahun-tahun lagi. Pengguna juga tidak akan dapat melakukan panggilan non-darurat dalam waktu dekat.

Sebelumnya diwartakan, iPhone 13 itu diklaim akan menggunakan modem Qualcomm X60 yang dimodifikasi untuk layanan satelit. Namun, mungkin tidak siap untuk berfungsi sebagai telepon satelit berfitur lengkap. Gurman menambahkan bahwa biaya dan penolakan operator mungkin mencegah Apple menawarkan telepon satelit yang melewati jaringan konvensional.

Analis Apple, Ming-Chi Kuo, juga beberapa waktu lalu mengklaim bahwa iPhone 13 akan dapat terhubung langsung ke satelit orbit rendah Bumi (atau LEO). Satelit LEO mungkin paling dikenal sebagai tulang punggung layanan internet Starlink Elon Musk, yang mengandalkan satelit di orbit yang lebih rendah untuk mengirimkan internet ke pelanggan dan menghindari beberapa perangkap umum internet satelit, termasuk latensi tinggi, dan pemadaman umum.

Kuo menambahkan bahwa komunikasi satelit LEO adalah teknologi yang sebanding dengan mm Wave 5G dalam hal dampaknya terhadap industri jaringan, Apple dapat memanfaatkan kedua teknologi tersebut. Kuo mengatakan Apple optimistis tentang tren komunikasi satelit dan membentuk tim khusus untuk penelitian dan pengembangan teknologi yang terkait dengannya beberapa waktu lalu.

Meski demikian, laporan ini belum secara resmi dikonfirmasi oleh Apple, untuk itu ada baiknya menunggu hingga peluncuran iPhone 13 terjadi pada September ini.