Twitter Kini Buka Ladang <i>Cuan</i> Bagi Kreator Spaces
Fitur live audio Twitter Space kini dapat menjual tiket acara mereka kepada siapa saja. (foto: twittr)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna setia fitur live audio Twitter Space kini dapat menjual tiket acara mereka kepada siapa saja. Dijuluki Ticketed Spaces, pertama kali dibuka pada bulan Juni untuk pengguna yang berusia di atas 18 tahun.

Pengguna yang telah memenuhi syarat usia tersebut dapat menyelenggarakan tiga acara di Spaces dalam rentang waktu 30 hari terakhir, dan memiliki setidaknya 1.000 pengikut.

Dari blog resmi Twitter, Jumat, 27 Agustus, Ticketed Spaces membantu konten kreator menghasilkan pendapatan dari Spaces yang mereka selenggarakan, sekaligus memungkinkan pemirsa menunjukkan dukungan mereka dengan membeli tiket untuk pengalaman dan percakapan yang disediakan konten kreator di Twitter Spaces.

Kreator dapat menggunakan Ticketed Spaces untuk menyelenggarakan lokakarya, percakapan, atau temu dan sapa dengan penggemar paling setia mereka. Dengan begitu, sekarang konten kreator dapat memperoleh uang untuk menghosting Spaces mereka.

Mengutip Techcrunch, Twitter menolak untuk mengatakan berapa banyak orang yang telah mendapatkan kemampuan ini, atau kapan seluruh pengguna dapat menikmatinya.

Namun menurut laporan, pengguna di iOS sudah dapat membeli tiket konten kreator favorit mereka yang berada di Spaces ataupun orang-orang yang telah memiliki akses ke fitur tersebut.

Sebelumnya, Twitter menyatakan bahwa mereka akan mengambil tiga persen dari pendapatan konten kreator yang menjual tiket mereka. Tetapi karena fitur tersebut saat ini hanya tersedia di iOS, itu berarti Twitter akan dikenakan biaya pembelian dalam aplikasi sebesar 30 persen dari Apple, sehingga konten kreator hanya akan melihat 67 persen dari setiap penjualan tiket.

Jika total penghasilan seumur hidup konten kreator di Twitter, termasuk menggunakan Ticketed Spaces dan Super Follows telah melebihi 50.000 dolar AS, maka Twitter akan menaikkan komisi tiga persen menjadi 20 persen.

Cara menggunakan Ticketed Spaces cukup mudah, Anda tinggal membuka kolom Monetization lalu pilih Ticketed Spaces. Kemudian, Anda harus memeriksa lebih dahulu apakah Anda memenuhi kriteria.

Ticketed Spaces akan membedakan Twitter dari pesaing audio lainnya. Misalnya saja Clubhouse dan Instagram, yang memungkinkan pendengar memberi tip kepada konten kreator atau lencana penghargaan di ruang audio langsung, tetapi keduanya belum mengaktifkan penjualan tiket seperti media sosial berlogo burung biru tersebut.