Samsung Pay Kini Bisa Simpan Kartu Vaksinasi COVID-19, Begini Caranya!
Samsung fasilitasi pengguna untuk simpan kartu vaksinasi COVID-19. (foto: samsung)

Bagikan:

JAKARTA - Perangkat Samsung yang mendukung Samsung Pay sekarang dapat menyimpan versi digital dari kartu vaksinasi COVID-19 para penggunanya. Ini terjadi, melalui kemitraan dengan lembaga nirlaba perawatan kesehatan The Commons Project.

Pengguna harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi CommonHealth gratis dari Google Play store, dan mengikuti petunjuk untuk mengakses catatan vaksin COVID-19 mereka, dari apotek yang berpartisipasi, sistem kesehatan, dan penyedia layanan kesehatan (belum semua penyedia terhubung ke sistem).

Setelah pengguna memiliki akses ke kredensial COVID-19 mereka dalam aplikasi CommonHealth, mereka dapat menambahkannya ke dompet Samsung Pay mereka. Pass Vaksin Covid-19 kemudian akan tersedia di halaman beranda aplikasi Samsung Pay.

Untuk restoran, sekolah, kantor, atau tempat lain yang memerlukan bukti vaksinasi, belum jelas apakah mereka akan menerima versi elektronik ini, atau apakah Anda harus menunjukkan kartu vaksinasi COVID-19 kertas Anda. Samsung Pay masih memiliki pangsa pasar yang sangat kecil dari pasar pembayaran seluler, di mana Apple Pay mendominasi.

Kartu vaksin COVID elektronik agak lambat untuk dipahami, tetapi ada beberapa kemajuan. Pada bulan Juni, Google membuka sistem pass bawaan Android untuk memungkinkan pengguna Android menyimpan kartu vaksin digital, di ponsel mereka.

Fitur ini tersedia pertama di AS, namun akan bergantung pada dukungan dari penyedia layanan kesehatan, atau organisasi lain yang berwenang untuk mendistribusikan vaksin COVID. Beberapa negara bagian, seperti New York dan California, telah memperkenalkan kartu vaksin digital mereka sendiri.