Twitter Ungkap Data Aktivitas Pengguna Selama Olimpiade Tokyo 2020 Berjalan
Badminton Photo Official via Instagram @greyspolii

Bagikan:

JAKARTA – Olimpiade Tokyo 2020 telah usai. Twitter merilis laporan tentang tren serta aktivitas di platform tersebut selama pekan Olimpiade Tokyo 2020 berjalan dari 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Dari laporan tersebut, tercatat sebanyak 5 juta tweet mengenai Olimpiade #Tokyo2020 yang meramaikan linimasa dari mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021 di Indonesia, di mana hampir 2 juta tweet di antaranya diunggah saat Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil memenangkan medali emas untuk Indonesia.

Selama Olimpiade #Tokyo2020, Twitter mengumpulkan data mengenai hal-hal yang ramai dibicarakan selama ajang ini berlangsung. Data berikut ini berdasarkan percakapan pengguna Twitter di Indonesia dan dunia selama Olimpiade berlangsung.

Bersama dengan jajaran atlet terkemuka dunia, Greysia Polii (@GreysPolii) masuk di posisi keempat untuk atlet yang paling banyak dibicarakan di Twitter.

Posisi pertama didapuk oleh atlet skateboard asal Brazil, Rayssa Leal. Urutan kedua diduduki pesenam asal Amerika Serikat Simone Blies, lalu diikuti Kim Yeon-koung atlet voli asal Korea Selatan di urutan ketiga, dan Rebeca Andrade, pesenam asal Brazil di urutan kelima.

Dari peraih medali emas ganda putri badminton, hingga atlet perempuan pertama Indonesia yang masuk ke lima besar cabang olahraga angkat beban, nama-nama di bawah ini adalah atlet kebanggaan Indonesia yang bertanding di ajang Olimpiade #Tokyo2020 yang paling ramai dibicarakan oleh warganet di Twitter.

Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Anthony S. Ginting, Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, Nurul Akmal, Kevin Sanjaya, Windy Cantika Aisah, Marcus Gideon, dan Jonatan Christie.

Adapula tagar yang paling banyak digunakan di Indonesia yakni #Tokyo2020, #INA dan #GreyApFinalTokyo2020 selama Olimpiade. Hal ini merupakan bukti maraknya dukungan warga Indonesia kepada para atlet yang berjuang di Olimpiade #Tokyo2020.

Tweet dukungan tidak akan lengkap tanpa kehadiran emoji untuk memperkuat sisi emosional dari sebuah tulisan. Dari emoji cabang olahraga badminton, medali emas, hingga semangat membara yang digambarkan dengan api, itulah yang paling sering digunakan oleh warga Twitter selama Olimpiade #Tokyo2020 berlangsung.

Orang-orang datang ke Twitter untuk berbagi kebahagiaan secara langsung terhadap pencapaian para atlet Indonesia di Olimpiade #Tokyo2020.

Tweet dari @Olympics yang memberikan ucapan selamat atas kemenangan Greysia Polii (@GreysPolii) dan Apriyani Rahayu menjadi tweet yang paling banyak di-retweet, disukai, dan paling banyak mendapatkan balasan di Indonesia selama periode Olimpiade.

Empat Tweet dari Badminton Talk (@BadmintonTalk) juga masuk ke jajaran lima besar Tweet yang paling banyak di-retweet di Indonesia.

Sementara itu, akun yang paling banyak dibicarakan di Indonesia terkait dengan Olimpiade #Tokyo2020 yakni Badminton Talk (@badmintontalk), bulutangkisRI (@bulutangkisri), Greysia Polii (@GreysPolii) dan Amelia Widy (@_ameliawidy) yang merupakan salah satu mantan wartawan PBSI yang akrab dengan para atlet badminton juga turut masuk ke dalam jajaran 10 akun paling populer di Indonesia selama jalannya Olimpiade.