Digigit Wali Kota Nagoya, Medali Emas Olimpiade Tokyo Milik Miu Goto Diganti Baru
Walikota Nagota, Kawamura saat mengigit medali emas milik Miu Goto. (Tangkapan layar YouTube Channel Nippon TV News 24 Japan)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas berwenang berencana mengganti medali emas milik pitcher Tim Nasional Softball Wanita Jepang, Miu Goto yang beberapa waktu lalu digigit oleh Wali Kota Nagoya Takashi Kawamura pekan lalu.

Mendapatkan kecaman dari sekitar 4.000 pengaduan, sebuah sumber yang memahami masalah ini mengutip Kyodo News Kamis 12 Agustus menyebut, medali emas itu akan diganti dengan yang baru.

"Komite Olimpiade Internasional, Komite Olimpiade Jepang dan penyelenggara Olimpiade Tokyo berkoordinasi untuk memungkinkan pertukaran, dan Miu Goto menyetujui hal ini," sebut sumber tersebut.

Pekan lalu, Wali Kota Nagoya Takashi Kawamura mendapat kecaman karena melepas masker dan meletakkan medali di antara giginya untuk berpose untuk foto dalam sebuah acara perayaan keberhasilan Goto dan Tim Nasional Softball Wanita Jepang meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020.

Dalam kegiatan pada 4 Agutsus lalu tersebut, Goto yang merupakan penduduk asli Nagoya, mengalungkan medali emas ke leher Kawamura, saat mengunjui Balai Kota Nagoya.

Ulah Kawamura ini langsung mendapat kecaman di media sosial. Sejumlah atlet mempertanyakan perlunya Goto melakukan 'kunjungan kehormatan'. Sementara, yang lain mengungah tagar #respectathletes.

Kawamura kemudian meminta maaf karena mengabaikan protokol COVID-19. Ia mengaku bertindak karena dorongan hati, dan mengakui tindakannya membuat simbol hasil kerja keras bertahun-tahun menjadi kotor.

Geram dengan ulah Kawamura, Toyota Motor Corp., raksasa otomotif Jepang yang memiliki tim softball Red Terriers tempat Goto berkarir, menyebut tindakan Kawamura tidak pantas dan sangat disesalkan.

Sementara, penyelenggara Olimpiade Tokyo mengingatkan di Twitter, agar para atlet tidak menggigit medali, dengan menyebut "Kami hanya ingin secara resmi mengonfirmasi bahwa medali #Tokyo2020 tidak dapat dimakan!"

Untuk diketahui, Tim Nasional Softball Wanita Jepang meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, setelah mengalahkan tim Amerika Serikat 2-0 pada partai final.

Keberhasilan ini mengulangi sukses yang sama pada final Olimpiade Beijing 2008 silam, di mana ketika itu Jepang berhasil mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 3-1.