Laporan Menpora ke Jokowi: Semua Atlet yang Berangkat Olimpiade Tokyo Telah Divaksin
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali/Tangkapan layar

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan kontingen Indonesia yang berangkat ke Olimpiade Tokyo 2020 telah mendapatkan vaksin COVID-19. 

Hal ini disampaikannya di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kegiatan pelepasan tim Indonesia menuju Olimpiade Tokyo 2020.

"Semua atlet yang berangkat telah divaksin pada saat 26 Februari lalu. Atlet, official, dan tenaga pendamping semua sudah divaksin," kata Zainudin seperti yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 8 Juli.

Dirinya lantas memaparkan ada 28 atlet dan 17 official yang akan diberangkat ke olimpiade tersebut. Rombongan ini dipimpin oleh Rosan P Roeslani yang merupakan Chef de Mission untuk Olimpiade Tokyo.

"Hasil dari kualifikasi melebihi target karena di rencana awal hanya dapat memberangkatkan 22 atlet akibat situasi COVID-19 tetapi dengan usaha, kerja keras, kita bisa memberangkatkan 28 atlet," ungkap Zainudin.

Lebih lanjut, dia mengapresiasi Presiden Jokowi yang masih memberikan perhatian kepada kontingen Indonesia di tengah situasi pandemi COVID-19. Hal ini ditunjukkan dengan adanya seremoni pelepasan meski digelar secara virtual.

"Ini komitmen pemerintah untuk mendorong majunya olahraga di Tanah Air," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menpora Zainudin Amali telah mengukuhkan atlet Indonesia yang akan berlaga pada Olimpiade 2020 Tokyo, secara virtual sebagai upaya untuk menghindari kerumuman serta risiko infeksi COVID-19.

Acara pengukuhan dihadiri oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission Rosan P Roeslani, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, ketua umum federasi cabang olahraga nasional, serta para atlet dan pelatih yang hadir secara virtual dari pelatnas masing-masing.

Zainudin mengatakan 28 atlet yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo merupakan orang-orang terpilih yang pantas mewakili 260 juta lebih rakyat Indonesia. Ia berpesan kepada para atlet untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dengan memberikan penampilan semaksimal mungkin di Tokyo.