Jokowi Bakar Semangat Atlet Indonesia yang Berlaga di Olimpiade Tokyo: Rakyat Menaruh Harapan, Fokus!
Presiden Joko Widodo (Foto: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membakar semangat atlet Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 mulai 23 Juli hingga 8 Agustus mendatang. Jokowi bilang, rakyat menaruh harapan terhadap puluhan atlet Indonesia tersebut. 

Hal ini disampaikannya saat dirinya melepas kontingen Indonesia menuju Olimpiade Tokyo yang digelar secara virtual di Istana Negara, Jakarta.

"Rakyat menaruh harapan besar pada saudara-saudara dan prestasi saudara-saudara akan menjadi prestasi negara Indonesia," kata Jokowi seperti yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 8 Juli.

Dia tahu 28 atlet Indonesia yang diberangkatkan ke Tokyo sudah melaksanakan persiapan secara maksimal dan terus berupaya meningkatkan prestasinya. Sehingga, dia meyakini para atlet dari berbagai cabang olahraga tersebut sudah siap bertanding secara sportif dan bakal meraih medali.

"Cabang olahraga panahan, rowing, menembak, bultang, angkat besi, renang, dan selancar sudah sepenuhnya siap bertanding secara sportif dan berpotensi meraih medali juara," ungkap eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Lebih lanjut, Jokowi meminta para atlet untuk menjaga kesehatan, stamina, dan fokus mereka. Sehingga saat pertandingan nanti, atlet Indonesia bisa meraih kemenangan yang diharapkan oleh masyarakat.

"Rakyat menunggu saudara-saudara kembali ke Tanah Air dengan membawa medali yang membanggakan Indonesia. Semoga perjuangan saudara-saudara berhasil," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menpora Zainudin Amali telah mengukuhkan atlet Indonesia yang akan berlaga pada Olimpiade 2020 Tokyo, secara virtual sebagai upaya untuk menghindari kerumuman serta risiko infeksi COVID-19.

Acara pengukuhan dihadiri oleh Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, Chef de Mission Rosan P Roeslani, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, ketua umum federasi cabang olahraga nasional, serta para atlet dan pelatih yang hadir secara virtual dari pelatnas masing-masing.

Zainudin mengatakan 28 atlet yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo merupakan orang-orang terpilih yang pantas mewakili 260 juta lebih rakyat Indonesia. Ia berpesan kepada para atlet untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dengan memberikan penampilan semaksimal mungkin di Tokyo.