Cara Mengetahui Nomor Kita Diblokir Seseorang, Begini Ciri-Cirinya
Cara Mengetahui Nomor Kita Diblokir (Mobile Syrup)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Teknologi memudahkan manusia untuk terhubung dan berkomunikasi. Tapi, di sisi lain, makin mudah pula untuk memutusnya. Cara paling sederhana yang bisa dilakukan seseorang ketika sudah tidak ingin berhubungan dengan orang lain adalah dengan memblokir nomornya. 

Anda tentu pernah mengalaminya. Ketika ingin menghubungi seseorang, yang menjawab suara mesin. Ketika mencoba menghubunginya lagi, mesin masih  menjawab, dengan kalimat yang kurang lebih sama. Apabila berbeda, hanya sedikit variasi saja. 

Berdasarkan pengalaman tersebut, Anda beranggapan bahwa nomor telepon sudah diblokir oleh penerima. Tapi, jangan dulu berburuk sangka. 

Mungkin penelepon sedang tidak bisa menerima karena ada beberapa kendala. Misal, berada di lokasi yang jauh dari jangkau sinyal atau ponsel mati kehabisan baterai. 

Ciri-Ciri Nomor Diblokir Orang Lain

Soalnya, cara mengetahui nomor kita diblokir seseorang tidak bisa dilakukan secara langsung. Anda bisa menyimpulkannya setelah menemui beberapa ciri-ciri. Untuk membantu pembaca, tim VOI sudah merangkum beberapa ciri-ciri yang bisa Anda kenali.

Pesan yang Tidak Biasa Saat Anda Mencoba Telepon

Sebenarnya, tidak ada standar pesan yang diterima oleh kontak yang diblokir. Dan banyak orang tentu tidak ingin mengetahui saat nomor seseorang sudah diblokir. 

Hanya saja, ketika Anda mendapatkan pesan yang tidak biasa, yang belum pernah didengar, kemungkinan besar nomor sudah diblokir. Pesan itu antara lain:

  1. Nomor yang Anda hubungi tidak tersedia
  2. Nomor yang Anda hubungi sedang sibuk
  3. Nomor yang Anda hubung sedang berada di luar jaringan

Saat Anda mendapatkan pesan ketika mencoba menghubunginya selama beberapa hari, tandanya nomor Anda kemungkinan besar sudah diblokir. 

Jumlah Bunyi Dering Panggilan

Jika Anda hanya mendengar satu dering panggilan, atau tidak sama sekali, sebelum panggilan Anda diterima oleh pesan suara, ini bisa jadi indikasi kuat bahwa nomor sudah diblokir. Dalam kasus ini, kontak yang Anda hubungi menggunakan fitur blokir pada ponsel mereka. 

Jika Anda menelepon sehari sekali selama beberapa hari namun hasilnya tetap sama, maka itu bisa jadi bukti kuat kalo nomor Anda sudah diblokir. Sebaliknya, jika Anda mendengar tiga hingga empat dering sebelum dijawab pesan suara, kemungkinan nomor Anda belum diblokir.

Sambungan Sedang Sibuk Lalu Terputus

Saat Anda mendengar pesan bahwa sambungan sedang sibuk, sebelum akhirnya panggilan diputus, kemungkinan besar nomor sudah diblokir oleh provider. Saat Anda mencoba selama beberapa hari tapi hasil tetap sama, bisa menjadi bukti yang lebih kuat.

Hanya saja, sebagai langkah verifikasi, Anda bisa coba menghubungi kontak lain. Saat pesan yang sama masih Anda diterima, maka nomor yang Anda gunakan sudah diblokir oleh provider. Bukan kontak yang ingin Anda hubungi.

Nah, itulah beberapa cara mengetahui nomor kita diblokir seseorang yang bisa Anda lakukan. Sebagai catatan, jangan terburu-buru ambil kesimpulan. Uji coba beberapa langkah di atas, supaya Anda mendapatkan cukup bukti dari ciri-ciri nomor diblokir orang lain.