Cara Menghemat Data WA di Android atau iPhone, Biar Kuota Bisa Dipakai untuk Aktivitas Lain
Cara menghemat data Wa (Android Authority)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sudah banyak pengguna yang mengakui layanan WhatsApp sebagai platform pesan singkat. Dan hingga saat ini, WhatsApp masih menjadi pilihan utama sebagian besar pengguna smartphone di seluruh dunia. 

Hanya saja, seperti umumnya layanan digital, aplikasi ini juga membutuhkan kuota internet dalam jumlah besar. Apalagi jika saat mencadangkan pesan, bisa menghabiskan kuota data hingga lebih dari 1GB!

Bagi sebagian pengguna, yang memiliki jaringan internet Wi-Fi terpasang di rumahnya, hal tersebut tentu tak jadi soal. Tapi, lain halnya dengan mereka yang terbatas kuota internetnya. Bisa karena habis buat kelas online, meeting online, dan masih banyak aktivitas lainnya.

Beruntungnya, WhatsApp punya beberapa fitur penting yang bisa membantu penggunanya buat memangkas konsumsi data internet. Dan di bawah ini, tim VOI sudah siapkan tiga tips hemat data WA. Sehingga, Anda bisa menggunakan kuota internet untuk aktivitas lainnya!

Berapa Banyak Data yang Dikonsumsi WhatsApp?

Layanan WhatsApp memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan siapa pun dalam berbagai cara. Baik lewat pesan teks, pesan suara, panggilan suara, panggilan video, serta panggilan video konferensi. Anda tentu pernah menggunakan salah satu atau beberapa fitur aplikasi pesan singkat ini, bukan?

Hanya saja, berapa banyak sih data yang dibutuhkan WhatsApp untuk menjalankan seluruh layanan tersebut? Sayangnya, jawaban tak bisa kita dapatkan dari perusahaan. Facebook, pemilik WhatsApp, enggan membeberkannya. 

Mengutip Make use Of, konsumsi data WhatsApp selama panggilan video sekira 5MB per menit pada jaringan 4G, 3,75MB pada 3G, dan 3MB pada 2G. Sementara itu, untuk panggilan suara di dalam negeri sebesar 280KB per menit, dan 330KB per menit untuk panggilan suara antar negara. 

Berdasarkan angka-angka di atas, wajar kiranya jika aplikasi WhatsApp mengkonsumsi paling banyak kuota data internet yang sudah Anda beli. Oleh karena itu, jika Anda memiliki banyak aktivitas online, penting kiranya buat melakukan salah satu tips hemat data WA berikut ini.

Cara Menghemat Data WA

Terdapat tiga cara menghemat data WhatsApp yang bisa Anda lakukan. Pertama, dengan mengurangi konsumsi data saat panggilan suara atau video

. Kedua yakni menonaktifkan fitur unduh otomatis untuk setiap media yang Anda terima. Sedangkan ketiga yakni menonaktifkan fitur mencadangkan data.

Lebih lengkap, begini langkah-langkah untuk mengaktifkan setiap fitur di atas.

Mengaktifkan ‘Kurangi Penggunaan Data'

Cara mengaktifkan kurangi penggunaan data whatsapp (Make Use Of)

Ini adalah fitur bawaan yang disediakan perusahaan agar kuota internet pengguna lebih hemat. Begini cara mengaktifkannya lewat Android atau iPhone

  • Android : Ketuk ikon titik tiga yang terletak di pojok kanan atas > ketuk Setelan > ketuk menu ‘Penyimpanan dan data’ > geser toogle pada menu ‘Kurangi Penggunaan Data’
  • iPhone : Masuk ke menu Setelan dengan mengetuk ikon yang terletak di pojok kanan bagian bawah > pilih menu ‘Penyimpanan dan data’ > lalu aktifkan fitur ‘Kurangi Penggunaan Data’

Nonaktifkan Fitur Unduh Otomatis

Cara menonaktifkan unduh otomatis file media WhatsApp (Make use of)

Biasanya, grup WhatsApp menjadi lokasi di mana Anda menerima paling banyak kiriman file media. Entah media dalam bentuk gambar, video, GIF, atau audio. Oleh karena itu, supaya data internet lebih hemat, Anda bisa menonaktifkan fitur Unduh Otomatis. Begini langkah-langkahnya:

  • Android : Masuk ke menu Setelan > ketuk menu ‘Penyimpanan dan data’ > ubah perintah jadi ‘Tidak ada media’ pada tiga menu yang terletak di bawah menu ‘Unduh otomatis media’
  • iPhone : Masuk ke menu Setelan > pilih menu ‘Penyimpanan dan data’ > di bawah menu ‘Unduh otomatis media’, ketuk jenis media dan ubah perintah jadi ‘Jangan Pernah’

Nonaktifkan fitur Cadangkan Pesan WhatsApp

Cara menonaktifkan pencadangan pesan WhatsApp (Make use of)

Ya, mencadangkan pesan WhatsApp juga mengkonsumsi data internet Anda. Bahkan, jumlahnya cukup besar. Maka, Anda bisa menonaktifkan fitur ini supaya kuota internet WA hemat. Gini langkah-langkahnya:

  • Android : Masuk ke menu Setelan : pilih ‘Chat’ > ketuk ‘Cadangan chat’ > di bawah menu ‘Setelan Google Drive’ ketuk menu ‘Cadangkan ke Google Drive’ > pilih ‘Hanya ketika saya mengetuk Cadangkan’
  • iPhone : Masuk ke menu Setelan > ketuk menu Chat > ketuk ‘Cadangan Pesan’ > ketuk ‘Cadangkan Otomatis’ lalu ketuk pilihan ‘Matikan’

Nah, itulah beberapa cara menghemat data WA yang bisa Anda lakukan sendiri. Dijamin, kuota internet Anda bakal lebih hemat!