Berapa Banyak Data untuk Zoom? Gini Cara Menghemat Kuota yang Manjur
Cara menghemat kuota zoom (Mokapos)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Selama masa pandemi ini, aplikasi Zoom menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas manusia. Dan seiring bertambahnya tempat kerja yang menawarkan sistem Work From Home, semakin meningkat pula peran Zoom dalam kehidupan seseorang.

Kelemahannya, layanan Zoom mengkonsumsi kuota internet dalam jumlah besar. Apalagi jika Anda ingin layanan lebih optimal -misal dengan audio atau video HD (High Definition).

Lantas, apakah Anda penasaran berapa banyak data untuk Zoom? Di samping itu, apakah ada cara untuk menghemat kuota Zoom? Jika ingin penjelasan yang lebih lengkap, simak uraian berikut ini.

Menghitung Jumlah Data yang Dibutuhkan untuk Video Konferensi di Zoom

Mengutip penjelasan Makeuseof, sejumlah 540Mb hingga 1,62GB data dibutuhkan untuk melakukan panggilan video konferensi Zoom setiap jam. Artinya, layanan ini menghabiskan antara 9MB hingga 27MB per menit untuk panggilan video.

Namun, angka di atas adalah jumlah data untuk panggilan video konferensi dengan dua peserta. Dan semakin banyak partisipan, semakin bertambah pula konsumsi data.

Untuk panggilan video konferensi grup, menghabiskan sekira 810MB hingga 2,4GB per jam. Jika diurai dalam hitungan menit, maka menjadi 13,5MB hingga 40MB per menit. Selain jumlah peserta, kualitas video dan audio juga turut menentukan.

Cara Menghemat Kuota Zoom di Laptop dan HP

Bisa jadi angka di atas tak terlalu jadi soal bagi Anda yang memasang Wi-Fi di rumah. Tapi, lain soal jika Anda mengandalkan kuota paket internet untuk melakukan video konferensi.

Beruntungnya, Zoom menawarkan penyesuaian yang bisa dipakai untuk menghemat kuota. Dan cara ini bisa Anda terapkan lewat laptop atau HP. Tanpa panjang lebar, berikut ini cara menghemat kuota Zoom di laptop dan HP.

  1. Hindari mengaktifkan video jika Anda tidak membutuhkannya. Kecuali jika admin Zoom atau ada peraturan yang meminta Anda untuk open-cam selama panggilan video konferensi. Pasalnya, mematikan kamera selama video konferensi bisa mengurangi konsumsi data internet dalam jumlah besar.
  2. Setiap fitur yang ditambahkan perusahaan pada aplikasi membutuhkan data dalam jumlah besar. Tak terkecuali fitur Screen Share atau Berbagi Layar. Biasanya, fitur ini dipakai jika seseorang ingin mempresentasikan sesuatu secara online. Maka, untuk menghemat kuota Zoom, sebaiknya jangan aktifkan Screen Share jika tidak benar-benar dibutuhkan.
  3. Terakhir, nonaktifkan fitur audio dan video berkualitas HD. Seperti sudah disinggung di atas, semakin tinggi hasil audio dan video yang disajikan, semakin besar pula data internet yang dibutuhkan.

Sebenarnya, tidaklah sulit untuk menghemat kuota internet selama panggilan Zoom. Anda cukup menjalankan ketiga cara menghemat kuota Zoom di atas, maka dijamin konsumsi internet lebih sedikit.

Dengan mengetahui jumlah data yang dibutuhkan Zoom selama panggilan video konferensi, Anda pun bisa menghitung dan memperkirakan secara manual agar kuota.