Badai Meteor Bakal Mencapai Puncaknya pada Juli - Agustus Ini
Hujan meteor akan memuncak pada akhir Juli dan awal Agustus. (foto: jeremy zero/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini, badai meteor jarang terjadi, tetapi beberapa ratus tahun dari sekarang bisa menjadi hal biasa. Lihat saja bola api ini, yang direkam oleh Thomas Ashcraft pada 21 Juli, menjadi pratinjau dari hal-hal yang akan datang.

"Ini kemungkinan alpha Capricornid," kata Ashcraft, yang mengoperasikan kamera meteor otomatis di pedesaan New Mexico, kepada spaceweatherarchive. “Magnitudonya -11, secerah Bulan gibbous waxing.”  

Meteor Alpha Capricornid adalah puing-puing dari Komet 169P/NEAT. Mereka muncul setiap tahun pada akhir Juli, memuncak di sekitar batas Juli-Agustus dengan 5 hingga 9 meteor per jam. Banyaknya "alpha Caps" yang merupakan bola api yang berjalan cukup lambat dan terang. Peristiwa Ini adalah hujan meteor, tetapi dalam waktu yang tidak terlalu lama, itu bisa berubah menjadi badai meteor biasa. 

Peneliti Peter Jenniskens (SETI Institute) dan Jeremie Vaubaillon (Paris Observatory) telah mempelajari aliran puing alpha Capricornid. Mereka percaya itu dihasilkan dari peristiwa fragmentasi besar sekitar 5000 tahun yang lalu ketika setengah dari komet asli hancur. Sejak itu, puing-puing telah melayang menuju Bumi.

"Dalam 300 tahun ke depan, alpha Capricornids kemungkinan akan tumbuh menjadi hujan tahunan besar," tulis mereka dalam sebuah artikel di Astronomical Journal. “Lalu lintasnya akan meningkat secara dramatis pada abad ke-23 dan ke-24 ke puncak ZHR = 2200/jam setiap tahun, setengah dari tingkat puncak hujan yang terlihat selama badai Leonid 1999.”

Jika mereka benar, setiap alpha Capricornid yang kita lihat hari ini menandakan badai yang akan datang. Awasi mereka di malam-malam mendatang perlahan-lahan keluar dari konstelasi Capricornus. Waktu terbaik untuk melihat adalah pada jam-jam sekitar tengah malam ketika pancaran pancuran dapat ditemukan di langit selatan yang dikelilingi oleh Jupiter dan Saturnus.

Hujan meteor lainnya, Delta Aquarids (SDAs) selatan, juga mencapai puncaknya pada akhir Juli, mengirimkan seberkas cahaya dari bagian umum langit yang sama. Delta Aquarids bergerak bersama sekitar dua kali lebih cepat dari Alpha Caps dan cenderung lebih redup. Namun demikian, mereka akan menambah jumlah meteor tengah malam Anda. Selamat Menikmati!