Asteroid Tiga Kali Ukuran Taj Mahal Bakal Dekati Bumi 24 Juli, Berbahaya?
Asterois, besar kembali akan menghantam Bumi (foto: Ilustrasi Photo Earth NASA via Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah asteroid seukuran Taj Mahal akan melewati Bumi pada 24 Juli mendatang. Peristiwa itu diungkapkan oleh NASA dan mereka telah mengkategorikan benda terbang ini sebagai asteroid kelas Apollo.

Asteroid kategori Apollo adalah asteroid yang memiliki Orbit Dekat Bumi. Namanya diambil dari asteroid Apollo 1862 yang ditemukan oleh astronom Jerman Karl Reinmuth.

Jika digambarkan, asteroid itu memiliki ukuran sebesar stadion, atau tiga kali ukuran Taj Mahal. Ukuran asteroid yang berdiameter sekitar 220 meter itu melintas pada jarak 4,7 juta kilometer dari Bumi.

Dijuluki Asteroid 2008Go20, ia melaju dengan kecepatan sekitar 28.800 km per jam menuju Bumi. Dikutip dari Live Mint, Kamis 22 Juli, NASA mengatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan, asteroid itu akan aman bergerak melewati Bumi.

Badan antariksa AS tersebut juga menyatakan, asteroid itu akan sangat dekat dengan Bumi, tetapi masih akan berjarak 0,04 au (satuan astronomi) dari Bumi (3.718.232 mil). Bulan berjarak sekitar 238.606 mil dari Bumi.

Asteroid 2008Go20 tidak akan datang lebih dekat dari 2.605.509 mil, tetapi NASA telah mengklasifikasikannya sebagai Objek Dekat Bumi, dan akan terus memantau pergerakannya. Sebagai informasi, Asteroid 2008 Go20 akan terbang melewati Bumi pada 24 Juli pukul 15.35 Eastern Time.

Sebuah asteroid pada dasarnya adalah fragmen dan puing-puing yang tertinggal dari pembentukan Tata Surya. Ini dianggap sebagai Objek Dekat Bumi ketika jaraknya dari planet kita kurang dari 1,3 kali jarak dari Bumi ke Matahari, menurut NASA Joint Propulsion Laboratory (JPL), yang melacak dan mempelajari pergerakan asteroid.

Ini bukan kali pertama bahwa asteroid telah diidentifikasi sebagai Objek Dekat Bumi. Pada September 2020, sebuah asteroid bernama 2020 QL juga melesat melewati Bumi.