Kecil, Irit dan Lincah, Mobil Listrik Produk China Masuki Pasar Spanyol
Nikrob, mobil listrik murah dari China masuki pasar Spanyol. (foto: twitter @autochina24)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil listrik kini semakin populer di Spanyol. Untuk melanjutkan rute ini, Wuling HongGuang Mini versi Eropa akan tiba di negara itu tahun 2021. Produk mereka di negeri matador itu akan lebih dikenal sebagai Freze Nikrob dari merek Lithuania Dartz.

Kendaraan ini terkenal sebagai mobil listrik yang termurah di China. Produk tersebut dijual seharga 3.600 euro (sekitar Rp61,6 juta ) dan merupakan kendaraan terlaris kedua di China, setelah Tesla Model 3 yang menjadi terfavorit. 

Di rumah barunya, Spanyol,  akan dijual sekitar 9.000 euro (sekitar Rp154 juta). Namun untuk ukuran negara-negara Eropa, termasuk Spanyol, harga itu masih terbilang murah. Apalagi jika dibandingkan mobil listrik produk Eropa sendiri. 

Dartz Freze Nikrob berencana mengulang kesuksesannya di Spanyol, dan akan didistribusikan oleh grup Invicta Electric. Mobil akan mempertahankan banyak spesifikasi dari versi Cina, tetapi tidak akan sepenuhnya identik. Di Eropa, akan tersedia dalam satu varian dan tidak dalam dua varian, seperti di pasar lain.

Kendaraan ini mengusung mesin 20 kW, yang setara dengan 27 tenaga kuda. Baterai yang irit, akan memiliki jangkauan 200 kilometer (17 kWh). Panjangnya kurang dari tiga meter, dan bisa sangat berguna untuk digunakan di dalam kota karena membutuhkan sedikit ruang untuk parkir.

Mobil listrik ini diklaim sangat cocok untuk mengarungi jalan-jalan sempit di Spanyol. Ditambah harganya yang murah, maka diharapkan bisa memikat pasar masyarakat negeri itu.