Pasca 2030 Bakal Ada Jeep  yang Berjalan di Dalam Air, Simak Penjelasannya!
Dalam sebuah percobaan mobil Jeep Wrangler, mesinnya tetap hidup meski mobil terendam air sepenuhnya. (foto: trangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Jeep Wrangler Xtreme Recon yang baru dapat melewati air setinggi 33,6 inci, tetapi Jeep masa depan mungkin bisa lebih dalam dari itu. 

Dalam presentasi kendaraan listrik yang dilakukan oleh perusahaan induk Jeep Stellantis, baru-baru ini, sebuah Wrangler digambarkan bisa tetap dikemudikan saat mobil itu sepenuhnya terendam di air. Visi itu bisa menjadi kenyataan.

"Ada sedikit kedipan yang kami miliki di akhir, yang mungkin pasca 2030, tapi saya tahu banyak penggemar dan banyak komunitas kami yang memintanya," kata CEO Jeep, Christian Meunier kepada The Detroit News. “Ada beberapa orang gila, sangat luar biasa di komunitas Jeep yang sudah melakukan hal semacam itu dengan ICE, jadi Anda bisa membayangkan dengan mobil baterai bisa seperti apa jadinya.”

Kendaraan listrik tidak memiliki saluran masuk atau keluar udara, sehingga selama peralatannya disegel dan kedap air, maka mesinya tetap dapat beroperasi di bawah air tanpa masalah.

Faktanya, plug-in hybrid Wrangler Rubicon 4Xe yang tersedia saat ini, yang memiliki jangkauan all-electric 21 mil, dilengkapi dengan baterai tahan air dan sudah diuji pada kedalaman fording 30 inci.

Kemampuannya mungkin tetap berguna bahkan tanpa peralatan selam. Meunier juga menggoda kemampuan otonom off-road masa depan yang akan memungkinkan pemilik Jeep untuk menurunkan kendaraan mereka di hutan belantara dan menemui mereka di lokasi di akhir pendakian, perjalanan arung jeram, atau aktivitas lain yang dapat melibatkan badan air di sepanjang jalan.