Dianggap Aman, Ether Bisa Diperdagangkan di Lantai Bursa Brasil
Ether atau Ethereum kini bisa diperdagangkan di Bursa B3, Brasil karena dianggap aman. (foto: executium/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA  - Comissão de Valores Mobiliários (CVM) Brasil, regulator sekuritas negara itu, telah menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Ether (ETH). Pernyataan itu diumumkan oleh QR Capital, perusahaan induk dari QR Asset Management.

Dana yang diperdagangkan di bawah ticker QETH11, akan diperdagangkan di bursa saham B3 yang bereputasi tinggi di Brasil. Lembaga ini juga beroperasi sebagai bursa regional dan melayani pelanggan di seluruh dunia. QETH11 akan menggunakan indeks Eter yang sama seperti yang digunakan oleh CME Group dan akan menggunakan layanan kustodian institusional yang disediakan oleh Gemini si kembar Winklevoss.

Dalam pengumumannya, penerbit dana memberikan produk sebagai “opsi sederhana, aman, dan teregulasi bagi investor mana pun untuk mendapatkan eksposur langsung ke Ethereum melalui pialang pilihan mereka, tanpa khawatir tentang pendaftaran di bursa, dompet, atau kunci pribadi.” 

QR Asset Management membeli ETH fisik untuk produk dan berjanji untuk memastikan transparansi dan keamanan tingkat tinggi bagi investor QETH11. Fernando Carvalho, CEO QR Capital mengatakan kepada Cointelegraph Brazil:

“Regulator Brasil mengakui pematangan pasar kripto dan memahami bahwa penting untuk menawarkan produk yang diatur kepada investor yang ingin menjelajahi kelas aset baru ini. Kami berharap sinyal dari Brasil ini akan mendorong SEC untuk menyetujui ETF kripto AS pertama," kata Carvalho.

Berita lampu hijau CVM ini menyusul dua persetujuan ETF mata uang kripto sebelumnya pada bulan Maret ini, satu 100 persen Bitcoin dan yang lainnya terdiri dari lima cryptocurrency, selain Bitcoin (BTC). 

Keduanya juga diperdagangkan di B3, dan produk khusus Bitcoin juga dikelola oleh QR Asset Management. Itu mulai diperdagangkan di bawah ticker QBTC11 pada akhir Juni.

Satu bulan sebelumnya, pada bulan Februari, Komisi Sekuritas Ontario Kanada juga memberikan lampu hijau untuk ETF Bitcoin yang diselesaikan secara fisik pertama di dunia. Di tempat lain, khususnya di Amerika Serikat, regulator sekuritas masih menunda persetujuan ETF crypto meskipun ada permintaan yang konsisten.