Callink, Aplikasi Anak Negeri yang Siap Menantang <i>Big Tech</i>
Callink, aplikasi kominukasi dan pesan produksi dalam negeri. (foto: Tim VoI)

Bagikan:

JAKARTA - Harus diakui Indonesia sering kali dipandang remeh jika berbicara masalah perkembangan teknologi komunikasi yang beredar di dunia, saat ini. Fakta ini juga membuat masyarakat lebih banyak menggunakan aplikasi komunikasi buatan asing, seperti  Whatsapp atau Telegram. 

Padahal, dari dalam negeri sudah muncul berbagai aplikasi pesan singkat, pesan suara, video dan komunikasi langsung secara pribadi atau grup yang juga canggih. Salah satunya adalah Callink, yang kini sudah memasuki versi 2.0.2. Meski belum setenar WA, atau Telegram, namun jika melihat kecanggihan di balik fiturnya, maka aplikasi ini siap menantang aplikasi produksi Bic Tech. 

Callink sudah bisa diunduh di Google Play Store dan Apple Store dengan mudah. Bahkan pengguna sudah memberikan review yang sangat bagus, karena aplikasi ini memiliki bintang 4,9 dari maksimal 5 bintang. Aplikasi ini juga sudah diunduh oleh banyak orang sehingga memungkinkan menjadi pengganti aplikasi komunikasi lain jika mendapat dukungan kuat dari pemerintah dan masyarakat Indonesia sendiri.  

Fitur yang tersedia di Callink, bisa dikatakan sangat mirip dengan Whatsapp dan Telegram. Fitur tersebut menjadi “standar” bagi aplikasi komunikasi di dunia. Mulai dari pesan pribadi, pesan dalam grup, percakapan langsung, panggilan video dan masih banyak lagi. 

aplikasi 1
Callink menjanjikan banyak kemudahan. 

 

Namun Callink juga memiliki keunggulan dalam hal penyimpanan pesan favorit. Fitur favorit ini bisa memasukan dan menyimpan percakapan pribadi dalam folder atau Pengelompokan tertentu. Fitur ini sangat penting mengingat pengguna sering kali mencari beberapa percakapan penting dengan pengguna lain yang harus mudah untuk didapatkan. Di pesan WA atau Telegram, terkadang harus mencarinya secara manual, dan hal itu sangat melelahkan. 

Intinya, Callink merupakan aplikasi perpesanan karya anak bangsa yang instan dan komplet. Tidak hanya mengakomodir pesan singkat ala WhatsApp maupun Telegram, aplikasi ini memiliki sejumlah keunggulan, termasuk kemudahan komunikasi dalam pekerjaan tim.

Callink memungkinkan pengguna menyimpan dan mengakses semua pesan serta item pekerjaan berupa file-file dalam satu platform. Layanan ini juga memungkinkan pengguna Callink saling berinteraksi satu dan lainnya dengan mudah.

"All Your Work In One Chatting Application. Callink dibuat untuk mengakomodir kebutuhan pengguna profesional yang membutuhkan aplikasi perpesanan, sekaligus layanan Office yang bisa dikolaborasikan dengan mudah," kata developer Callink, Didik kepada VOI.

Didik menjelaskan, fitur-fitur yang dimiliki Callink bisa jadi nilai plus bagi pengguna. Callink juga memungkinkan penggunanya untuk saling berkirim pesan dalam opsi privat atau terbuka untuk publik. "Bukan cuma aplikasi perpesanan, Callink juga mendukung cloud storage yang bisa diakses oleh penggunanya hingga 1 GB," ungkap Didik.

Sementara untuk kualitas panggilan suara dan video juga sangat baik, dan gambarnya jernih. Selayaknya aplikasi perpesanan kekinian, Callink juga mendukung fungsi video call maupun teleconference. Penggunaan fitur ini jadi sangat penting di masa pandemi saat ini. 

"Callink memberikan fitur perekaman video dan panggilan suara secara instan dengan kualitas yang lebih baik," tutur Didik.  Jika, WhatsApp Grup Call hanya dapat digunakan maksimal untuk delapan pengguna secara bersamaan dan terbatas, tak sampai satu jam, maka Callink jauh lebih hebat.

Callink sendiri yakin mampu memenuhi pasar aplikasi komunikasi dan media sosial yang ada di Indonesia. Apalagi survey terakhir menyebutkan jika dari total 274,9 juta penduduk di Indonesia, 170 juta di antaranya telah menggunakan media sosial. 

Angka penetrasi media sosial sudah mencapai nya sekitar 1,8 persen. Bahkan diperkirakan pengguna aktif media sosial di Indonesia tumbuh sebesar 10 juta atau sekitar 6,3 persen dibandingkan bulan Januari 2020. 

Callink, dengan kemampuan sehebat WA dan Telegram, seharusnya mampu mengisi ceruk pasar yang tersedia di Tanah Air.  Prospek tersebut membuat Callink tahun ini akan melakukan ekspansi besar-besaran sembari mempromosikan aplikasi ini sebagai aplikasi komunikasi yang canggih, aman dan tentunya buatan lokal yang siap mendunia.