Bagikan:

JAKARTA - Awal pekan ini dua aplikasi perpesanan populer  Whatsapp milik Meta Platform Inc., dan  aplikasi perpesanan milik Apple Inc, iMessage dan FaceTime,  mengalami pemadaman alias down. Kesalahan teknis, disebut menjadi Penyebabnya, meski tak tertutup kemungkinan aplikasi asal Amerika Serikat itu juga mengalami serangan siber yang tak dilaporkan.

Pengguna pun banyak mengeluh karena tidak dapat mengirim dan menerima pesan teks di iMessage, FaceTime  dan Whatsapp. Namun sebenarnya pengguna tidak perlu khawatir akan hal itu.

Masih banyak aplikasi perpesanan yang andal atau  bisa digunakan untuk mengirim pesan teks, foto atau bahkan video dengan gratis cepat dan aman. Misalnya Telegram, buatan Pavel Durov.

Bahkan di Indonesia sendiri, saat ini sudah memiliki aplikasi perpesanan yang dibuat oleh anak bangsa, yakni Callink dari Digital Security Indonesia. Produk Made in Indonesia ini menyediakan layanan perpesanan yang sangat cepat dan bisa diandalkan.

Menurut Chief Technology Officer (CTO) Digital Security Indonesia, Didik Irawan, Callink  bisa diandalkan untuk para karyawan selama work from home pada masa pandemi.  Namun gagasan untuk membuat aplikasi Callink sebenarnya sudah ada jauh sejak sebelum pandemi.

“Kondisi pandemi mempercepat pengembangannya. Sehingga kami memutuskan untuk mengembangkannya dengan cepat dan meluncurkannya tahun ini,” ungkap Didik Irawan kepada VOI.

Callink juga menjadi bentuk solusi dari aplikasi komunikasi yang lebih komplet. Yang mampu mendukung aktivitas pekerja kantoran maupun digital selama aktivitas WFH.

“Untuk saat ini aplikasi chatting dan teamwork masih didominasi dari luar. Memang ada aplikasi chatting dari Indonesia. Tapi, masak iya cuma buat chattingdoang. Saya sih fokusnya di platform chatting yang menunjang pekerjaan,” papar Didik. 

Oleh karena itu, lanjut Didik, platform bikinannya ini berkeinginan menjadi pengganti layanan virtual office bikinan pihak luar. Sehingga, fitur dan layanan yang ditanamkan pun sudah disesuaikan untuk menunjang kebutuhan tersebut. 

Callink, juga bebas diunduh di berbagai toko aplikasi. Mulai di App Store dari Apple juga terdapat di Play Store dari Google untuk sistem operasi Android.

Bahkan keuntungan lainnya, di Callink masih bersih dari iklan sehingga nyaman digunakan bagi mereka yang tak menyukai kemunculan iklan secara tiba-tiba di aplikasi perpesanannya. `